Robocop Akan jadi Petugas Patroli di Dubai

By Petronela Putri, Rabu, 26 Juli 2017 | 06:00 WIB
Foto: foxnews.com (Petronela Putri)

Teman-teman pernah menonton sebuah film berjudul Robocop? Film itu berkisah tentang robot yang menjadi polisi dan bertugas memberantas kejahatan. Ternyata, konsep robot Robocop ini diwujudkan oleh Dubai, lo! Penasaran?

Robot Polisi untuk Patroli di Jalan

Semakin hari, perkembangan teknologi robot semakin canggih. Manusia mulai mengembangkan robot untuk membantu manusia dalam banyak hal.  Mulai dari menjadi pembolak-balik pancake, pengantar makanan, hingga kini ada pula robot yang berpatroli di jalan seperti polisi sungguhan!

Ide untuk membuat robot yang terinspirasi dari film Robocop ini, sudah lama tercetus di kepolisian Dubai. Mereka berencana memasukkan robot ke dalam jajaran petugas patroli. Bahkan tidak tanggung-tanggung, kepolisian Dubai memperkirakan bahwa 25% dari seluruh anggota nantinya adalah robot.

Memberantas Kejahatan di Jalan

Robot polisi atau Robocop ala Dubai ini memiliki tinggi 160 sentimeter. Mulanya, robot ini hanya dikembangkan untuk membantu wisatawan yang sedang berkeliling Dubai, jika mereka membutuhkan sesuatu.

Kini, Robocop juga dikembangkan untuk patroli. Ketika bertugas, mereka pun berhak melakukan tilang terhadap pelanggaran lalu lintas. Mereja juga bisa menerima laporan-laporan tindak kejahatan dari masyarakat sekitar. Pelapor hanya perlu menyentuh dada robot yang memiliki teknologi layar sentuh dan mulai mengirim laporan masing-masing.

Bahkan, Robocop ini juga memiliki kemampuan memindai atau mengindentifikasi wajah seseorang dari jarak jauh, lo! Wah, keren sekali ya, Teman-teman.

Dikembangkan oleh Watson

Robocop canggih milik Dubai ini ternyata dikembangkan oleh Watson, salah satu bagian dari perusahaan Google dan juga IBM. Karena itulah, teknologi yang diterapkan pada si Robocop pun cukup canggih dan keren. Robocop pun dilengkapi dengan mikrofon yang menghubungkannya dengan pusat kepolisian Dubai, agar dapat memberikan informasi cepat jika terjadi sesuatu.