Bhutan, Surga Dunia di Asia Selatan

By Petronela Putri, Jumat, 28 Juli 2017 | 05:12 WIB
Foto: huffingtonpost.com (Petronela Putri)

Nama Bhutan jarang terdengar sebelum tahun 1970-an. Sebelumnya, banyak yang belum tahu bahwa negara yang terletak di ketinggian ini punya keindahan alam yang menakjubkan dan udara yang sejuk. Karena keindahan dan kesejukannya itu, negara ini dijuluki sebagai surga dunia.

Punya Banyak Nama

Nama Bhutan konon berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Bhu-attan yang diartikan sebagai dataran tinggi. Ada pula yang mengatakan bahwa nama Bhutan berasal dari kata Bhotanta, artinya ujung dari Tibet.

Selain kedua asal-usul tersebut, negara kecil ini masih memiliki banyak nama, lo! Di antaranya adalah Lho Mon Kha Shi (negara 4 penjuru) dan Lho Jong (lembah selatan).

Penduduk asli Bhutan sendiri, menyebut negaranya sebagai Druk Yul. Artinya daratan naga halilintar. Disebut begitu, karena Bhutan sering mengalami fenomena sambaran petir yang kuat.

Surga Dunia di Himalaya

Bhutan terletak di ketinggian 2.300 - 4.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Negera berpenduduk 700.000 jiwa ini terletak di antara pegunungan tinggi Himalaya, Asia Selatan.  Salah satu julukan yang paling terkenal dari negara ini adalah Shangri-La.

Teman-teman pernah mendegar kata itu? Shangri-La adalah julukan tempat dari mitos di Himalaya. Dalam mitosnya, tempat ini digambarkan sebagai lembah yang mistis sekaligus indah dan damai. Pada akhirnya, Shangri-La diartikan sebagai tempat surga dunia. 

Bhutan dijuluki sebagai Shangri-La, karena alamnya yang menakjubkan dan penduduknya yang tentram serta bahagia. Banyak yang menganggap negara ini berdiri dalam kedamaian, seperti di surga.

Tidak Punya Lampu Lalu-lintas

Setiap negara pastilah memiliku ibukota. Nah, Bhutan punya Thimpu sebagai ibukotanya, Teman-teman. Uniknya, Thimpu tidak memiliki lampu lalu lintas, sebab warganya tidak menyukai hal itu. Satu-satunya pengatur lalu lintas kota adalah seorang polisi lalu lintas.