Serunya Mengintip Penangkaran Elang di Bogor

By Petronela Putri, Sabtu, 5 Agustus 2017 | 03:07 WIB
Elang-Ular Bido di Penangkaran Elang Loji, Cigombong. (Petronela Putri)

Teman-teman merasa bosan di rumah dan bingung mau ke mana di akhir pekan? Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah penangkaran elang di Bogor. Jaraknya pun tak jauh, hanya 1.5 jam dari kota!

Terletak di kaki Gunung Salak

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di sekitar Jabodetabek terdapat cukup banyak tempat wisata menarik. Salah satunya adalah penangkaran elang yang ada di kaki Gunung Salak, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya, di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Jika kita ingin liburan akhir pekan, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik, lo! Selain itu, perjalanan ke lokasi pun tidak memakan waktu lama. Jika datang dari Jakarta, maka Teman-teman bisa menumpang KRL commuterline tujuan Stasiun Bogor, kemudian melanjutkan perjalanan selama 1.5 jam dari kota.

Penangkaran Elang Loji

Daerah penangkaran elang ini dikenal juga dengan nama Loji. Nah, hewan-hewan yang berada di Loji ini rata-rata merupakan hewan liar yang pernah dipelihara oleh warga setempat. Elang-elang itu dipelihara untuk dilepaskan kembali ketika hewan sudah siap dan kuat hidup sendiri.

Ada beberapa kandang yang disediakan untuk elang-elang penghuni penangkaran. Salah satu hewan yang bisa Teman-teman temui di sini adalah burung elang brontok. Konon, elang-elang di penangkaran ini jarang diberi makanan, sebab petugas penangkaran ingin naluri berburu sang elang kembali tumbuh. Itu dilakukan agar mereka bisa mencari makan sendiri ketika kembali ke alam bebas.

Uniknya, hewan-hewan di penangkaran yang dikelilingi hutan pinus tersebut tidaklah berbahaya bagi manusia, sehingga Teman-teman tidak perlu cemas ketika berkunjung ke sini.

Jembatan Gantung

Jembatan gantung yang terletak di dalam kawasan Penangkaran Loji merupakan salah satu yang sering disinggahi pengunjung. Di sini, biasanya pengunjung akan berfoto bersama-sama dengan teman atau keluarga. Wah!

Selain jembatan gantung, di sekitar penangkaran elang ini juga terdapat pilihan jenis wisata lain, seperti Curug Cibadak dan tempat berkemah. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, seperti toilet dan tempat sampah.

Untuk bisa masuk ke wilayah penangkaran, Teman-teman cukup membayar Rp7.000,- saja. Rp5.000,- adalah biaya karcis masuk, sedangkan Rp2.000,- digunakan untuk pemeliharaan kebersihan. Yuk, liburan ke Bogor!