Uniknya Rambut Berbentuk Tanduk Ala Perempuan Suku Miao

By Petronela Putri, Senin, 31 Juli 2017 | 04:31 WIB
Uniknya rambut berbentuk tanduk ala perempuan suku Miao. (Petronela Putri)

Setiap suku memiliki keunikannya masing-masing, apalagi suku yang tinggal di pedalaman dan menjaga adat serta tradisinya. Salah satunya adalah suku Miao di Tiongkok. Rambut penduduk perempuannya dibentuk seperti tanduk. Wow!

Suku Minoritas

Suku Miao merupakan salah satu suku yang termasuk golongan minoritas di Tiongkok. Artinya, penduduk suku ini lebih sedikit dibanding yang lainnya. Suku ini tersebar di beberapa bagian seperti Hainan, Guizhou, dan sebagainya. Konon, suku Miao masih merupakan kerabat dari suku Nanman pada era Dinasti Han.

Jumlah masyarakat pada suku Miao kurang lebih 9.000.000 jiwa.

Rambut Berbentuk Tanduk

Ada banyak cara dalam menata rambut, tetapi warga perempuan di suku Miao punya cara yang berbeda dari perempuan umumnya. Mereka akan menggulung rambut menjadi seperti  sebuah tanduk. Ketika melihat rambut para perempuan suku Miao, Teman-teman pasti langsung mengira bahwa ada sebuah tanduk besar di atas kepala mereka! Hihi..

Lebih anehnya lagi, rambut itu bukanlah rambut asli mereka sendiri. Biasanya, para perempuan suku Miao wajib mengumpulkan rambut-rambut perempuan pendahulunya yang rontok. Mulai dari rambut nenek, ibu, cucu, hingga ke cicit. Rambut itu lalu dirangkai menjadi sebuah tanduk berukuran besar.

Bagi suku Miao, dengan menggunakan rambut tanduk raksasa inilah kecantikan mereka akan lebih jelas terpancar.

Menghias Rambut untuk Acara Pernikahan

Teman-teman pasti penasaran,, untuk apa, sih, perempuan suku Miao menghias rambutnya menjadi sebuah tanduk raksasa? Nah, ternyata mereka biasa berdandan seperti itu untuk menghadiri acara-acara besar, lo! Salah satunya adalah acara pernikahan.

Selain menggulung rambut, biasanya perempuan suku Miao juga menampilkan tarian-tarian indah untuk menarik perhatian orang.