Ada Rumah Barbie di Sumatera Barat!

By Petronela Putri, Senin, 31 Juli 2017 | 10:10 WIB
Rumah Barbie di Sumatera Barat. (Petronela Putri)

Teman-teman pasti mengenal Barbie, si boneka cantik menggemaskan berambut panjang. Rumah barbie juga tak kalah cantik dan banyak peminatnya, lo. Nah, ternyata, di Sumatera Barat ada sebuah rumah barbie yang ukurannya besar! Rumah ini bisa dimasuki manusia.

Disebut juga Rumah Putih

Bangunan rumah bergaya Belanda dengan warna dominan putih itu terletak di Jorong Kuranji, Kenagarian Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Selain Rumah Barbie, rumah ini juga dikenal dengan nama Rumah Putih atau Rumah Belanda.

Rumah Barbie dibangun sekitar 11 tahun yang lalu, yaitu tahun 2006 dan masih merupakan milik salah satu dari warga sekitar sana. Rumah ini lebih besar dan berbeda dari bentuk rumah lain di Kabupaten Limapuluh Kota. Di dalamnya terdapat 6 buah kamar. Karena keunikannya, banyak pengunjung yang datang ke Rumah Barbie hanya untuk menyaksikannya lebih dekat atau berpose di depannya.

Dari Mana Asal-usul Nama Rumah Barbie?

Nama Rumah Barbie merupakan nama yang diberikan oleh pengunjung di luar Kabupaten Limapuluh Kota. Sebab, mereka menganggap rumah bergaya Eropa tersebut memiliki bangunan yang lucu, meski warnanya bukan pink atau warna-warni serupa rumah Barbie di versi mainan. Makin lama, rumah ini makin terkenal sebagai Rumah Barbie.

Untuk mengunjungi Rumah Barbie, Teman-teman bisa menempuh perjalanan darat selama 15 menit dari kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Rumah ini letaknya terpencil. Tapi tenang... biasanya, warga sekitar siap menunjukkan arah jika ada yang kebingungan ketika hendak menuju Rumah Barbie.

Menjadi Terkenal di Instagram

Selain itu, foto Rumah Barbie ternyata ramai diunggah di Instagram oleh para pengunjung. Sejak Rumah Barbie selesai dibangun, diperkirakan ada sekitar 50.000 orang yang datang mengunjungi rumah tersebut.

Wah, keren banget, ya, Teman-teman!