Papermoon Puppet, Karya Anak Bangsa yang Mendunia

By Petronela Putri, Rabu, 2 Agustus 2017 | 08:30 WIB
Papermoon. (Petronela Putri)

Teman-teman pernah mendengar teater boneka bernama Papermoon Puppet? Teater boneka ini merupakan salah satu karya anak bangsa, berasal dari Yogyakarta. Papermoon Puppet ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, lo!

Papermoon Puppet Theatre, Yogyakarta

Papermoon Puppet merupakan sebuah boneka yang wajahnya dibentuk menyerupai bulan. Tokoh-tokoh dalam Papermoon Puppet Theatre ada banyak, tetapi seluruhnya memiliki pola wajah yang serupa, yaitu bulan. Hal ini juga sesuai dengan namanya, Papermoon Puppet berarti boneka kertas bulan.

Boneka bernama Bonek itu biasanya ditampilkan dalam pertunjukan-pertunjukan Papermoon Puppet Theatre. Tak hanya di Yogyakarta dan kota-kota Indonesia saja, Papermoon Puppet Theatre juga sudah berkali-kali pentas di luar negeri, lo!

Beberapa tempat yang pernah disinggahi Papermoon Puppet Theatre di antaranya adalah Washington DC, Amsterdam, Yokohama, Korea Selatan, Australia, hingga India dan Singapura juga, Teman-teman!

Memiliki Gedung Teater Sendiri

Papermoon Puppet memiliki gedung teater sendiri, lokasinya ada di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Langensuryo KT II No. 176, tak jauh dari Alun-alun Utara. Mulanya, Papermoon Puppet Theatre didirikan pada 2006 dan hanya dikelola oleh dua orang saja, tetapi semakin lama semakin banyak peminatnya sehingga kesenian teater boneka ini pun semakin berkembang.

Selalu Memiliki Makna

Sebuah cerita menjadi semakin berarti jika memiliki makna yang baik. Itulah yang dilakukan Papermoon Puppet dalam setiap pertunjukan panggungnya. Biasanya, cerita-cerita yang dikisahkan di atas panggung oleh seniman Papermoon Puppet selalu memiliki makna dan memberikan motivasi bagi para penonton.

Untuk bisa menonton pertunjukan Papermoon Puppet Theatre, teman-teman cukup mendatangi gedung teater mereka dan membeli tiket seharga Rp 75.000,- per orang.

Rumah Papermoon Puppet

Selain gedung teater, Papermoon Puppet memiliki studio atau rumah sendiri di daerah Bantul. Di sana, para seniman Papermoon Puppet berkarya membuat boneka-boneka baru. Selain itu, mereka juga menyediakan pelatihan kecil untuk anak-anak yang ingin belajar membuat boneka dari kertas karton.

Selain itu, di rumah Papermoon Puppet juga terdapat beberapa jenis merchandise yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, seperti t-shirt bergambar boneka atau kartu pos lucu.

Nah, jika Teman-teman tertarik mendatangi rumah Papermoon Puppet dan melihat langsung bagaimana cara membuat boneka bulan, teman-teman bisa mengunjunginya ke Desa Sembungan, Bangunjiwo, Bantul.