Kota Ini Pernah Memiliki Wali Kota Seekor Kucing!

By Petronela Putri, Senin, 7 Agustus 2017 | 04:15 WIB
Foto: onlyinyourstate.com (Petronela Putri)

Di sebuah kota kecil bernama Talkeetna, wali kotanya adalah seekor kucing lucu. Pemilihan pun ternyata sudah berdasarkan kesepakatan. Yuk, kita ikuti kisahnya!

Kesepakatan Bersama

Talkeetna merupakan sebuah kota kecil di daerah Alaska. Penduduknya saja tidak sampai 1.000 orang. Kota tersebut tidak memiliki wali kota resmi, sehingga Stubbs, si kucing lucu kemudian dinobatkan menjadi wali kota mereka.

Pemilihannya pun sudah dilakukan sejak lama, yaitu tahun 1997, kurang lebih 20 tahun yang lalu. Stubbs dipilih berdasarkan kesepakatan bersama para warga kota melalui hasil pemilihan. Bahkan, ketika pertama kali terpilih menjadi wali kota, Stubbs adalah seekor anak kucing.

Siapa Stubbs?

Teman-teman penasaran enggak, siapa Stubbs yang berhasil menjadi wali kota selama puluhan tahun ini? Ternyata, ia merupakan peliharaan sebuah keluarga di kota Talkeetna. Keluarga itu bernama Keluarga Spone.

Hal ini cukup menarik perhatian wisatawan dari luar Talkeetna. Mereka kemudian datang ke kota kecil tersebut dan berkata ingin bertemu dengan wali kota. Bahkan tak jarang pula ada yang mengaku memiliki janji dengan wali kota. Wah, sepertinya wisatawan benar-benar penasaran ingin membuktikan keberadaan Stubbs sebagai wali kota Talkeetna, ya, Teman-teman. Hihi.

Disayangi Warganya

Stubbs selama ini amat  disayang oleh masyarakat Talkeetna. Sebagai wali kota, ia sering dikunjungi warganya dan diajak foto bersama. Mereka juga senang menggendong Stubbs yang sehari-harinya bisa dijumpai di toko Nagley's General Store milik majikannya.

Stubbs pun mulai dipelihara ketika Nagley's General Store baru saja dibuka dan menjadi salah satu toko tertua di sana. Biasanya, wisatawan akan mampir ke Nagley's General Store hanya untuk bertemu Stubbs.

Meninggal pada Juli 2017

Sayangnya, Stubbs sang wali kota sudah meninggal pada bulan Juli 2017 lalu kemarin, Teman-teman. Saat itu umurnya tepat 20 tahun dan mulai jarang berada di toko Nagley's General Store. Beberapa tahun ini, Stubbs lebih banyak berada di rumahnya.

Hiks, sedih, ya. Semoga Talkeetna segera mendapatkan ganti wali kota yang baru!