Melihat 2.367 Spesies Tanaman di Kebun Raya Baturaden

By Petronela Putri, Jumat, 4 Agustus 2017 | 02:30 WIB
Batturaden. (Petronela Putri)

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar nama Kebun Raya Bogor, tetapi sebenarnya daerah lain juga memiliki kebun raya sendiri, lo. Salah satunya adalah Kebun Raya Baturaden di Jawa Tengah!

Wisata Baturaden

Kebun Raya Baturaden terletak di Kemutuk Lor, Kecamatan  Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi kebun raya ini, kita bisa berangkat dari Purwokerto, menempuh jarak sekitar belasan kilometer dan sekitar 1-2 jam perjalanan darat.

Setibanya di Kebun Raya Baturaden, kita diwajibkan membeli tiket  masuk. Nah, jika membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Luas dan Berada di Ketinggian

Kebun Raya Baturaden terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman-tanaman yang ada di sini dirawat atau dikelola langsung oleh Kementerian Kehutanan dibantu pemerintah setempat.

Kebun Raya Baturaden yang memiliki luas 143 hektar ini baru saja diresmikan pada akhir tahun 2015 yang lalu. Sejak pertama kali dibuka, banyak orang berbondong-bondong datang ingin melihat kebun raya tersebut. Seru, ya!

Ada Sekitar 2.367 Spesies Tumbuhan

Jenis tanaman apa saja, ya, yang ada di Kebun Raya Baturaden ini? Beberapa di antaranya adalah anggrek, perdu, dan aneka jenis pohon-pohonan. Nah, di Kebun Raya Baturaden ini kita juga bisa melihat rumah kaca, rumah anggrek, dan ada wahana permainan untuk anak-anak, lo!

Ternyata, dari 2.367 spesies tanaman yang ada di Kebun Raya Baturaden, kurang lebih 500 di antaranya adalah tanaman langka, lo, Teman-teman. Jadi, jika berkunjung ke kebun raya, usahakan untuk tidak merusak atau mengganggu tanaman yang ada, ya!

Harga Tiket

Untuk bisa masuk ke dalam Kebun Raya Baturaden, kita bisa membeli tiket seharga Rp 10.000,- untuk tiket reguler. Tiket reguler fungsinya untuk memasuki kawasan kebun raya dan bumi perkemahan yang ada di sampingnya.

Jika menginginkan fasilitas lebih, kita bisa juga memilih tiket seharga Rp 25.000,-. Tiket ini bisa digunakan untuk masuk kebun raya, bumi perkemahan, dan dua objek wisata lain seperti Telaga Sunyi dan Pancuran Tujuh.

Tetapi jangan sampai salah hari ketika mendatangi kebun raya ini, ya! Sebab, Kebun Raya Baturaden hanya buka dari hari Senin – Jumat, mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.