Mainan Mobil Mini Ini Sudah Ada Sejak 1960-an!

By Petronela Putri, Minggu, 6 Agustus 2017 | 04:21 WIB
Mainan mobil mini sudah ada sejak 1960-an! (Petronela Putri)

Mainan mobil-mobilan berukuran mini ini ditemukan oleh Pak Elliot Handler pada tahun 1960-an. Mainan ini sudah terkenal, bahkan hingga ke Indonesia.

Asal Mula Hot Wheels

Teman-teman pernah mendengar merk mainan bernama Hot Wheels? Produknya berupa mainan mobil-mobilan berbahan metal berukuran mini dengan berbagai model. Hot Wheels diproduksi oleh Mattel Inc., Amerika Serikat.

Mainan unik ini mulai diproduksi pada tahun 1968 dan penemunya adalah Pak Elliot Handler, Teman-teman. Istri Pak Elliot Handler, yaitu Ibu Ruth Handler adalah pencipta Boneka Barbie, boneka cantik yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

Beberapa edisi pertama Hot Wheels adalah mobil yang sedang populer seperti Mustang, Volkswagen, Corvette, Cougar, serta Barracuda.Lama-lama, Mattel Inc. semakin mengembangkan desain mainan mereka menjadi semakin banyak ragam.

Diburu Kolektor

Meski hanya berbentuk mobil berukuran mini, tetapi mainan Hot Wheels memilik banyak yang mengoleksi atau banyak kolektornya, lo, Teman-teman! Sebab, mainan berukuran 7 sentimeter ini memang menyerupai mobil aslinya, sehingga tampak menarik.

Hot Wheels baru muncul di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Sejak kemunculannya, mobil mini ini banyak peminatnya. Tidak cuma anak-anak seperti kita, tapi juga orang dewasa.