Apa yang Dilakukan Pilot di Ruang Kokpit?

By Petronela Putri, Senin, 7 Agustus 2017 | 05:15 WIB
Foto: pulzo.com (Petronela Putri)

Teman-teman tentu mengenal profesi pilot, yaitu orang yang bertugas mengemudikan pesawat terbang. Nah, tetapi perjalanan sering kali berlangsung lama, bahkan membosankan. Lalu, apa saja, ya, kegiatan pilot di ruang kokpit?

Pengendali Otomatis

Setiap pesawat terbang memiliki pengendali otomatis atau autopilot. Pengendali otomatis ini memudahkan pilot untuk mengendalikan pesawat ketika sedang berada di udara, Teman-teman. Jika sedang mengaktifkan pengendali otomatis, biasanya seorang pilot hanya perlu bertugas ketika pesawat akan terbang atau sesaat sebelum mendarat. Sisanya akan dikemudikan melalui pengendali otomatis itu.

Beristirahat di Ruang Kokpit

Yap! Ternyata ada, kok, aturan yang memperbolehkan seorang pilot untuk beristirahat ketika berada di ruang kokpit. Sebab, sama seperti penumpang, pilot pun bisa merasa lelah atau mengantuk. Terlebih ketika mengemudikan pesawat terbang untuk penerbangan jarak jauh yang memakan waktu berjam-jam. Pasti pilot akan merasa lelah.

Hal ini sudah diatur sedemikian rupa agar pilot tetap dapat beristirahat tanpa membahayakan keselamatan penumpang-penumpangnya. Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan co-pilot yang sedang bertugas.

Apa itu Co-pilot?

Co-pilot adalah wakil captain atau wakil pilot. Biasanya, dalam satu penerbangan selalu ada captain dan co-pilotnya. Tugas utama seorang co-pilot adalah menemani sang captain selama penerbangan berlangsung, termasuk memantau navigasi, kondisi mesin, dan hal-hal penting yang berhubungan dengan penerbangan.

Nah, ketika pilot memutuskan untuk berisitrahat sejenak, maka harus ada co-pilot yang menggantikan posisinya sementara. Meski demikian, yang memiliki keputusan tertinggi dalam sebuah penerbangan tetaplah captain atau pilot.

Dilarang Tidur dalam Waktu Lama

Jam tidur seorang pilot disarankan secukupnya saja, bahkan tidak boleh terlalu lama. Alasannya, agar ketika bangun tidak ada perubahan pada tubuh seorang pilot. Tidur terlalu lama dapat berpengaruh pada kesegaran dan kondisi fisik seseorang. Pilot harus tetap sehat selama penerbangan, agar tidak membahayakan keselamatan penumpang.