Menjelajah Jakarta Bersama Jakarta Good Guide

By Petronela Putri, Senin, 7 Agustus 2017 | 08:53 WIB
Foto: Petronela Putri | Bobo.id (Petronela Putri)

Teman-teman pernah terpikir untuk menjelajahi kota Jakarta dan mendatangi tempat-tempat menarik yang ada di ibukota? Kalau ingin tahu lebih banyak tentang warisan budaya Jakarta, Teman-teman bisa ikut jalan bersama Jakarta Good Guide, lo!

Apa itu Jakarta Good Guide?

Jakarta Good Guide dibentuk oleh dua orang bernama Kak Farid dan Kak Candha, pada tahun 2014 yang lalu. Waktu itu, Kak Farid dan Kak Candha berpikir bahwa Jakarta bukan cuma mal. Masih banyak tempat menarik yang bisa didatangi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena keyakinan itulah, keduanya membentuk kelompok pejalan kaki bernama Jakarta Good Guide.

Setiap akhir pekan, para tour guide atau pemandu dari Jakarta Good Guide siap memandu siapa saja yang ingin berjalan-jalan bersama mengelilingi tempat menarik di Jakarta.

Masing-masing Tour Guide Memiliki Sertifikasi

Kini, tour guide di Jakarta Good Guide sudah ada beberapa orang, tak hanya Kak Farid dan Kak Candha saja. Hebatnya lagi, masing-masing dari mereka sudah memiliki sertifikasi sebagai tour guide profesional.

Bahkan, jadwal jalan-jalan yang awalnya hanya akhir pekan pun sudah ditambah. Kini ada pilihan berjalan-jalan di hari biasa. Tetapi, biasanya hanya turis asing yang ikut jalan-jalan di hari-hari biasa, sedangkan wisatawan lokal dan anak sekolah lebih banyak ikut tur di akhir pekan.

Ke Mana Saja Rutenya?

Perjalanan dibagi ke dalam rute-rute menarik, seperti  rute Cikini yang dimulai dari Museum Juang ’45, Kantor Pos Cikini, Taman Ismail Marzuki, RS PGI Cikini, dan perjalanan berakhir di Pasar Antik Jl. Surabaya.

Ada juga rute city center. Teman-teman akan diajak mengunjungi tempat-tempat seperti Monumen Nasional, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan lain sebagainya. Ada juga rute old town, China Town, Menteng, Jatinegara, dan Manggarai. Masing-masing rute ini memiliki cerita uniknya sendiri. Tiap rute dipastikan ada sesi jajan bareng, lo! Misalnya dalam rute Cikini, Teman-teman akan diajak mencicipi sebuah es krim legendaris yaitu Es Tjanang yang sudah ada sejak tahun 1951.

Tur dalam Dua Bahasa

Nah, jika di akhir pekan ada turis asing, maka tour guide wajib membuat dua kelompok, yaitu dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Wisatawan lokal yang ingin bergabung dengan kelompok Bahasa Inggris pun dipersilakan. Tiap kelompok akan dipandu satu orang tour guide.

Setelah menyelesaikan perjalanan, Teman-teman dipersilakan membayar sesuai kerelaan masing-masing. Jakarta Good Guide tidak mematok bayaran untuk rute-rute reguler, kecuali rute tertentu yang memang dibuat khusus.

Jadi, siap menjelajah Jakarta akhir pekan ini?