Melihat Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Museum Joang ‘45

By Petronela Putri, Kamis, 17 Agustus 2017 | 06:15 WIB
Foto: Petronela Putri | Bobo.id (Petronela Putri)

Ada banyak sekali museum di Jakarta, salah satunya Museum Joang ’45. Museum ini memuat banyak peristiwa sejarah beberapa tahun sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia. Seperti apa, ya, tempatnya?

Dulunya Hotel

Museum Joang ’45 merupakan salah satu museum yang terletak di Jakarta Pusat, tepatnya Jl. Menteng Raya no. 31. Dulunya, Museum Joang ’45 merupakan sebuah hotel bernama Schomper Hotel. Hotel ini dimiliki oleh seorang warga negara Belanda, pertama kali dibangun pada tahun 1938.

Setelah Belanda dikalahkan oleh Jepang, gedung ini diambil alih, kemudian diberi nama Gedung Menteng 31. Gedung ini digunakan untuk memberikan pendidikan politik bagi anak muda di Indonesia. Bung Karno dan Bung Hatta termasuk orang-orang yang sering datang dan berbincang dengan para pemuda di Gedung Menteng 31, lo, Teman-teman!

Nama Menteng 31 akhirnya diubah menjadi Museum Joang ’45 pada tahun 1974, hingga sekarang.

Menyimpan Cerita tentang Para Pahlawan

Ketika hendak masuk ke Museum Joang ’45, maka kita bisa melihat patung Bung Karno dan Bung Hatta di depan pintu. Ketika berjalan semakin ke dalam, ada banyak sekali foto dan cerita tentang pahlawan yang lain. Secara garis besar, seluruhnya bercerita mengenai perjuangan mendapatkan kemerdekaan hingga setelah merdeka.

Tak ketinggalan, di Museum Joang ’45 juga ada replika bendera pusaka atau Sang Saka Merah Putih yang dulu dijahit langsung oleh ibu negara pertama kita, Ibu Fatmawati. Selain itu, di bagian belakang museum diparkir mobil kepresidenan. Mobil itu merupakan mobil kesayangan Bung Karno, sekaligus merupakan hadiah. Ada pula mobil Bung Hatta yang ternyata pernah digunakan sebagai kendaraan umum.

Ada Diorama Juga, Lo!

Di Museum Joang ’45 juga terdapat diorama tentang peristiwa-peristiwa sejarah, seperti peristiwa Lapangan Ikada ketika Bung Karno berpidato. Ada juga diorama lain yang menggambarkan perundingan tokoh-tokoh sejarah.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa mengunjungi Museum Joang ’45, Teman-teman cukup membayar Rp 5.000,- saja. Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00 pagi hingga 15.00 siang. Yuk, main ke Museum Joang ’45!