Fakta Lain Leonardo da Vinci, Sang Pelukis Mona Lisa

By Petronela Putri, Selasa, 8 Agustus 2017 | 06:45 WIB
Foto: beursvanberlage.com (Petronela Putri)

Teman-teman tentu pernah mendengar nama Leonardo da Vinci. Beliau adalah seniman yang terkenal dengan karyanya berupa lukisan Mona Lisa. Tetapi, di samping itu ternyata ada banyak fakta lain mengenai Leonardo da Vinci, lo!

Leonardo da Vinci lahir di Italia pada April 1452. Selain sebagai pelukis, Leonardo da Vinci juga dikenal sebagai musisi, arsitek, bahkan pematung! Selain Mona Lisa, ada beberapa lukisan Leonardo da Vinci yang tak kalah terkenal juga, lo!

Inilah beberapa fakta menarik lainnya tentang Leonardo da Vinci.

Menggambarkan Teknologi Modern Pada Zamannya

Tahukah Teman-teman, bahwa Leonardo da Vinci dulunya dianggap selalu melukiskan atau menggambarkan teknologi modern bagi zamannya? Misalnya ide tentang mobil, mesin perang, kapal, tank, dan berbagai benda lainnya.

Pernah Bekerja di Militer

Nah, mungkin tidak banyak juga yang tahu bahwa Leonardo da Vinci pernah bekerja di bidang militer, lebih tepatnya menjadi seorang teknisi milite. Beliau bahkan pernah menemukan sebuah senjata yang berguna bagi dunia militer. Meski demikian, beliau merupakan seseorang yang benci peperangan dan bahkan mencintai binatang.

Mona Lisa Pernah Dicuri

Lukisan Mona Lisa yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada 1503 dan diselesaikan selama kurang lebih 10 tahun, kemudian disimpan di Museum Louvre Paris. Tetapi tahu enggak, bahwa ternyata pernah dicuri, lo, Teman-teman! Kala itu Mona Lisa memang jadi terkenal seketika, ke seluruh penjuru dunia ketika lukisan tersebut dicuri pada 1911 oleh Louvre.

Melukis Sekaligus Menulis

Leonardo da Vinci sangat terkenal dan menjadi legenda seni lukis. Karya-karyanya digemari banyak orang, meski sampai hari ini hanya belasan lukisan yang masih tersisa. Salah satu kehebatan Leonardo da Vinci adalah bisa menulis dan melukis dalam waktu yang bersamaan. Satu tangan digunakan untuk menulis, tangan lain untuk melukis. Wah, keren sekali, ya, Teman-teman!