Audible for Dogs, Buku Audio untuk Anjing

By Petronela Putri, Senin, 14 Agustus 2017 | 08:49 WIB
Foto: usatoday.com (Petronela Putri)

Audiobook atau buku audio adalah rekaman teks buku atau bahan tertulis lainnya yang dibacakan oleh seorang atau sekelompok orang penyuara. Buku audio biasanya diminati oleh orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca buku. Tetapi, kini ada buku audio untuk anjing. Apa fungsinya, ya?

Untuk Anjing

Suara bisa menjadi sesuatu yang sangat menenangkan, baik bagi manusia maupun hewan. Jika buku audio biasanya didengarkan oleh manusia, kini ada pula buku audio untuk anjing, lo! Nah, jika anjing peliharaanmu seringkali gelisah atau berisik jika sedang tak ditemani majikan, mungkin buku audio ini bisa membantu membuat mereka menjadi tenang.

Teknologi terbaru ini dicetuskan oleh Audible, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan konten suara. Ide untuk membuat buku audio bagi anjing ini tercetus karena ingin membuat anjing-anjing menjadi tenang jika sedang ditinggal para majikannya.

Bekerja Sama dengan Cesar Millan

Audible juga menggandeng Cesar Millan untuk mengerjakan proyek buku audio bagi para anjing ini. Cesar Millan sendiri merupakan seorang pakar ternama yang biasanya mengamati perilaku anjing.

Buku audio itu kemudian diberi nama Audible for Dogs, dan memuat beberapa cerita, salah satunya adalah Winnie the Pooh. Meski sang anjing tidak bisa mengerti apa yang dikatakan oleh buku audio, tetapi sebenarnya tujuan utama dari mendengarkan buku audio adalah untuk membuat mereka menjadi lebih tenang.

Terbukti Jadi Lebih Tenang

Hal tersebut kemudian terbukti, lo, Teman-teman! Dari 100 ekor anjing yang diuji-coba untuk mendengarkan buku audio, ada banyak majikan yang mengakui bahwa anjing mereka menjadi lebih tenang setelah mendengarkan Audible for Dogs. Karena hal itu, mereka tak lagi khawatir jika harus pergi keluar serta meninggalkan anjingnya di rumah.