Dari Mana Asal Keju Mozzarella?

By Petronela Putri, Selasa, 15 Agustus 2017 | 04:15 WIB
Foto: cheesemaking.com (Petronela Putri)

Tahun ini ada banyak makanan yang disajikan dengan mozzarella. Berbagai jenis makanan mulai dari martabak, dimsum, hingga sate taichan ada versi mozzarella-nya. Nah, tetapi apakah Teman-teman tahu apa dan dari mana mozzarella berasal?

Keju Italia Berwarna Putih

Mozzarella merupakan salah satu keju yang berasal dari Italia. Nama Mozzarella sendiri berasal dari bahasa Italia, yaitu mozzare. Kata ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya memotong.

Keju mozzarella biasanya terbuat dari susu kerbau atau susu sapi. Keduanya pun memiliki nama yang agak berbeda. Orang Italia biasa menyebut mozzarella fior di latte untuk keju mozzarella yang terbuat dari susu sapi dan mozzarella di bufala untuk yang terbuat dari kerbau.

Umumnya mozzarella berwarna putih. Jika ada keju mozzarella yang berwarna kuning, itu merupakan pengaruh dari panganan yang dimakan oleh hewan penghasilnya.

Awalnya Tidak Sengaja

Awalnya, mozzarella dibuat karena banyak kerbau di Italia. Kerbau-kerbau tersebut biasa membajak dan membawa barang-barang tertentu. Karena ada banyak kerbau, tentu produksi susu juga banyak. Ada yang tidak sengaja menjatuhkan air susu kerbau ke dalam air panas di pabrik keju. Yap, dari situlah mozzarella tercipta! 

Pada masa itu, keju mozzarella puntermasuk keju yang tidak bisa bertahan lama sehingga tidak bisa disebarkan ke masyarakat luar. Keju yang dibuat harus dikonsumsi di saat yang sama.

Bahkan, saat itu hanya ada satu cara untuk membuat keju mozzarella bisa bertahan sedikit lebih lama, yaitu dengan cara direndam air campuran garam.

Umumnya, orang Italia menggunakan mozzarella untuk berbagai jenis hidangan khas mereka. Beberapa di antaranya adalah lasagna dan pizza. Sekarang, ada banyak sekali makanan yang dikreasikan dengan menggunakan keju mozzarella. Nah, Teman-teman pernah mencoba salah satu di antaranya?