Wow, Kue Berusia Lebih dari 1 Abad Ditemukan di Antarika!

By Petronela Putri, Selasa, 15 Agustus 2017 | 04:30 WIB
Foto: merdeka.com (Petronela Putri)

Apa yang Teman-teman bayangkan ketika mendengar nama Antarika? Dingin, salju, atau es yang tak pernah habis? Yap, Antartika adalah wilayah yang suhunya sangat ekstrem di muka bumi. Meski demikian, bukan berarti tak ada orang yang tertarik untuk menjelajah di Antartika, lo! Bahkan, baru-baru ini kue berusia 1 abad ditemukan di sana, lo. Seperti apa, ya?

Kue Berusia 106 Tahun

Baru-baru ini, Antarctic Heritage Trust menemukan sebuah kue buah khas Inggris yang diperkirakan sudah berusia 106 tahun! Hebatnya lagi, kue yang ditemukan tersebut diklaim milik seorang penjelajah asal Inggris bernama Robert Falcon Scott.

Tetap Beraroma Lezat

Kue ini ditemukan di sebuah pondok tua yang dibangun tim Norwegia Carsten Borchgrevink, tepatnya di wilayah Cape Adare. Ketika ditemukan, kue tersebut dibungkus dengan kemasan yang terbuat dari lapisan timah dan telah berkarat terkikis waktu. Ajaibnya, si kue buah itu masih beraroma lezat setelah umurnya melewati 1 abad. Selama ini kue itu terkurung di dinginnya Antartika. Kondisinya pun seperti masih layak makan.

Penjelajah yang Suka Kue Buah

Konon pada awal tahun 1900-an, Robert Falcon Scott mengadakan perjalanan ke Antartika. Kue buah ini dibawa dalam perjalananya.

Ketika sedang melakukan penjelajahan di Antartika itulah, Kapten Robert Falcon Scott dan timnya gugur sehingga kue tersebut masih utuh, tak sempat dilahap sang kapten. Selain kue, penemuan lainnya berjumlah ribuan. Di antaranya adalah perkakas, bahkan daging yang sudah membusuk. Kemungkinan besar ini adalah salah satu bahan cadangan makanan milik para penjelajah.