Wah, Ada Siput Laut Tanpa Cangkang yang Mirip Pikachu!

By Petronela Putri, Jumat, 18 Agustus 2017 | 07:20 WIB
Foto: reddit.com (Petronela Putri)

Jika Teman-teman senang menonton kartun atau memainkan gim Pokemon, teman-teman tentu mengenal tokoh Pikachu. Ternyata, si kuning lucu ini ada di dunia nyata, lo! Seperti apa, ya, bentuknya?

Pikachu di Dunia Nyata

Pikachu mungkin bukan nama yang asing bagi teman-teman penyuka game dan kartun Pokemon. Dengan penampilan imut dan menggemaskan, si kuning Pikachu memiliki kemampuan mengeluarkan tenaga listrik dari tubuhnya. Nah, ternyata di dunia nyata pun ada hewan yang mirip sekali dengan Pikachu! Ia adalah seekor siput laut.

Siput laut tersebut memiliki nama latin Thecacera Pacifica. Thecacera Pacifica termasuk golongan Gastropoda atau kelompok siput tanpa cangkang. Wah, ternyata tidak semua siput memiliki rumah atau cangkangnya sendiri, ya!

Dari Ribuan Spesies

Kelompok siput tanpa cangkang ini ada banyak sekali.Thecacera Pacifica yang mirip Pikachu tersebut hanyalah salah satu jenisnya. Siput laut jenis ini pertama kali ditemukan oleh seorang Jepang bernama Osamu Hayashi.

Hayashi yang berprofesi sebagai guru itu berhasil menemukan siput mungil berwarna kuning dan loreng hitam di tubuhnya. Sekilas, jika diamati, warna kuning terang dan garis hitam tersebut memang sangat mirip dengan deskripsi tubuh Pikachu di Pokemon.

Dijuluki Pikachu Laut

Sejak penemuan Thecacera Pacifica ini, sang siput mungil berwarna kuning tersebut sering juga dikenal sebagai Pikachu Laut. Selain itu, karena keunikannya, Thecacera Pacifica menjadi salah satu buruan para kolektor hewan laut.

Jika tertarik untuk melihat atau memilikinya, Thecacera Pacifica bisa teman-teman temukan di daerah Lautan Atlantik dan pesisir Afrika.