Bukit Jamur, Negeri Dongeng di Gresik

By Petronela Putri, Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:09 WIB
Bukit Jamur, Negeri Dongeng di Gresik. (Petronela Putri)

Bosan dengan gunung dan pantai? Nah, mungkin teman-teman harus mencoba liburan ke salah satu tempat di Gresik. Namanya Bukit Jamur. Bikin serasa ada di dalam dongeng!

Jamur Negeri Dongeng

Gresik merupakan kota kecil di Jawa Timur. Meski kota kecil, Gresik juga menyimpan wisata unik, lo! Salah satunya adalah Bukit Jamur yang ada di Desa Bungah. Meski belum lama, Bukit Jamur sudah ramai dikunjungi, lo.

Jika dilihat dari kejauhan, banyak jamur-jamur raksasa, persis seperti yang ada di negeri dongeng. Padahal, ketika didekati, ‘jamur’ tersebut adalah batu-batu besar yang kebetulan berbentuk seperti jamur.

Jamur dari Batu Kapur

Lebih tepatnya, Bukit Jamur adalah sekumpulan batu kapur yang berbentuk seperti jamur. Uniknya lagi, Bukit Jamur terbentuk dengan alami dan begitu saja terjadi tanpa buatan tangan manusia.

Tempat ini dulunya merupakan tempat penggalian batu kapur. Batu-batu yang tidak bisa digali dan diambil, dibiarkan begitu saja. Bagian yang digali hanya lahan sekitarnya. Lalu, batu yang dibiarkan itu lama-lama terkikis terkena panas dan hujan hingga membentuk seperti tudung jamur.

Ada sekitar 40 batu jamur di tempat yang luasnya sekitar tiga hektar ini. Tinggi batu jamur ini bermacam-macam, mulai dua meter sampai sekitar tujuh meter.

Keunikan bukit jamur ini membuat orang-orang penasaran dan berbondong-bondong datang untuk berkunjung.

Biasanya, pengunjung datang untuk berfoto bersama teman dan keluarga. Teman-teman juga tidak perlu membayar tiket apa pun untuk memasuki kawasan ini, selain biaya parkir jika membawa kendaraan bermotor. Yuk, main ke Bukit Jamur!