4 Bohlam Ini Telah Menyala Selama Satu Abad Lo!

By Aisha Safira, Kamis, 6 Juli 2017 | 06:15 WIB
Bohlma Satu Abad (Aisha Safira)

Tahukah kamu, berapa lama sebuah bohlam bisa menyala? Mungkin ada yang bisa mencapai 20 tahun. Namun, ada juga bohlam yang bisa menyala hingga lebih dari satu abad!

1. The Eternal Light

Bohlam yang dinamakan The Eternal Light ini telah menyala sejak 1908. Bohlam ini awalnya berada di Byers Opera House di Kota Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. The Eternal Light pun pernah masuk ke Guinness Book of World Records pada 1970. The Eternal Light memecahkan rekor sebagai bohlam paling awet di dunia. Sayangnya, rekor ini kemudian dipecahkan oleh bohlam lampu lain.

Meskipun begitu, The Eternal Light tetap istimewa. Bohlam ini hanya pernah mati satu kali. Pada 1977, bohlam ini dipindahkan ke sebuah museum. Suatu hari, listrik di museum ini mengalami gangguan yang mengakibatkan bohlam ini mati sesaat. Setelah itu, The Eternal Light kembali menyala dengan terang. Dari sinilah asal usul nama The Eternal Light yang berarti cahaya abadi.

2. Fire Museum Bulb

Fire Museum Bulb telah menyala sejak 1900-an. Namun bohlam ini baru ditemukan pada 1980 oleh seorang penjaga museum. Tidak diketahui secara jelas kapan bohlam yang terletak di York County, Pennsylvania ini mulai menyala. Oleh karena itu, diperkirakan bohlam ini mulai menyala sejak Museum Sejarah tersebut berdiri, yaitu pada 1903.

Di usianya yang sudah 114 tahun ini, Fire Museum Bulb dipindahkan dari ruang bawah tanah ke runag pameran. Salah satu alasannya ada untuk keamanan. Jadi, bohlam ini bisa diawasi secara langsung. Selain itu, Fire Museum Bulb juga bisa dipamerkan kepada para pengunjung museum.

3. The Centennial Bulb

Kalau bohlam yang satu ini telah menyala sejak 1901. Bohlam yang disebut The Centennial Bulb ini terletak di gedung pemadam kebakaran di Kota Livermore, California, Amerika Serikat. Sampai saat ini pun, bohlam ini masih tetap menyala. Hal ini berarti bohlam ini telah menyala selama 117 tahun.

The Centennial Bulb telah menjadi ikon Kota Livermore. Masyarakat di kota tersebut telah menganggap bohlam ini sebagai simbol harapan yang terus menyala. Oleh karena itu, The Centennial Bulb selalu diawasi oleh CCTV. Uniknya lagi, bohlam ini mempunyai akun sosial media sendiri. Setiap tahun, masyarakat Kota Livermore pun merayakan ulang tahunnya.

4. Ediswan Bulb

Nah, ini dia bohlam tertua yang pernah menyala. Ediswan Bulb diperkirakan telah menyala sejak 1883. Itu artinya, sampai tahun ini Ediswan Bulb sudah menyala selama 134 tahun. Ediswan Bulb dimiliki oleh keluarga Crook dan telah diwariskan secara turun temurun.

Bohlam ini adalah rancangan pertama dari Ediswan Factory. Desainnya pun unik dengan enam rangkaian kawat yang menjadi penyalur listrik. Desain inilah yang diduga membuat Ediswan Bulb bisa bertahan lama dan tetap menyala terang hingga sekarang.