Ada Mesin ATM yang Bisa Mengeluarkan Beras!

By Petronela Putri, Senin, 5 Juni 2017 | 08:02 WIB
Foto: tribunnews.com (Petronela Putri)

Umumnya, mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri digunakan untuk menarik uang tunai dari tabungan yang ada di bank. Tetapi ternyata ada mesin ATM unik yang bisa mengeluarkan beras. Wah, bagaimana ya prosesnya?

Anjungan Terima Mandiri Beras

Sedikit berbeda dengan ATM versi uang tunai, mesin beras ini bernama ATMB atau Anjungan Terima Mandiri Beras. Mesin ini kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan mesin-mesin ATM pada umumnya. Hanya saja, yang keluar dari dalamnya bukanlah uang, teman-teman, melainkan beras!

Bahkan, seperti mesin ATM pada umumnya, ATMB atau mesin beras ini juga memiliki kartu akses elektroniknya sendiri. Nantinya, kartu ini dimasukkan ke dalam mesin untuk mengambil sejumlah beras sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Cerita di balik mesin ATM beras

Mesin unik yang tak biasa ini diprakarsai oleh seorang bernama Bapak Budiaji. Tujuan beliau menciptakan mesin ATM beras sebenarnya untuk membantu kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan berupa beras. Tidak semua orang bisa memiliki akses ke mesin ini, teman-teman! Sebab penerima beras adalah mereka yang sudah lolos dari kegiatan survei dan mendapatkan kartu elektronik sendiri.

Nah, jumlah beras yang diambil dan waktu pengambilan juga telah ditentukan sebelumnya, agar para peserta bisa langsung mengambil jatah berasnya masing-masing.

Ukuran mesin ATM beras

Mesin ATM khusus beras ini ukurannya 60 sentimeter x 60 sentimeter x 160 sentimeter, teman-teman. Bentuknya memang sangat mirip dengan mesin ATM untuk uang tunai pada umumnya. Sedangkan jumlah beras yang bisa ditampung sekitar 250 kilogram beras.

Selain itu, mesin ini juga diletakkan diperkampungan dan daerah terpencil, untuk memudahkan masyarakat sekitar sana mengambil jatah beras mereka. Tentu, mesin beras ini juga sudah diakali dengan teknologi yang memadai untuk bisa menjangkau daerah-daerah kecil. Hihi.

Diletakkan di tempat umum

Demi memudahkan nasabahnya, mesin ATM beras biasanya diletakkan di tempat-tempat umum seperti kelurahan, masjid, sekolah, dan lain sebagainya. Selain itu, bagi masyarakat yang memiliki dana lebih, diperbolehkan untuk ikut membantu mengisi ATM beras untuk kemudian dibagikan lagi kepada pihak lain yang membutuhkan.

Wah, ternyata beramal bisa dilakukan dengan cara unik juga, ya, teman-teman!