Pam Pam, Kucing yang Memiliki Warna Mata Berbeda

By Petronela Putri, Kamis, 24 Agustus 2017 | 08:16 WIB
Pam Pam. (Petronela Putri)

Ada yang berbeda dari kucing lucu ini. Warna masing-masing matanya berbeda. Mata kanan berwarna coklat kehijauan, sementara mata kirinya berwarna biru. Kok, bisa, ya?

Heterochromia Iridis

Kucing unik ini bernama Pam Pam. Uniknya warna mata pada Pam Pam, disebabkan oleh gangguan iris mata yang disebut heterochromia iridis. Kondisi ini membuat warna di masing-masing matanya berbeda. Pam Pam bukan satu-satunya kucing yang mengalami hal ini, Teman-teman. Heterokromia Iridis ini juga bisa dialami oleh hewan lainnya, bahkan manusia, lo. Umumnya, gangguan iris mata ini terjadi karena kurang atau lebihnya melanin. Melanin adalah pigmen penentu warna pada kulit, mata, dan sebagainya.

Tidak Merasa Sakit

Ada banyak hal yang menjadi penyebab heterochromia iridis. Salah satu sebabnya adalah keturunan genetik, ras, sampai rekayasa genetik. O iya, Pam Pam dan hewan lain yang mengalami heterochromia iridis tidak merasakan sakit atau terganggu kesehatannya.

Terkenal di Media Sosial

Karena keunikannya, Pam Pam manjadi terkenal di media sosial. Pam Pam bahkan punya akun Instagram sendiri, lo. Pengikutnya juga tak main-main. Ada sekitar 90 ribu followers atau pengikut di Instagram yang dikelola oleh pemilik Pam Pam. Wow! Padahal, sampai sekarang negara tempat tinggal Pam Pam belum diketahui.