Mengasah Otak dengan Board Game

By Petronela Putri, Senin, 22 Mei 2017 | 04:07 WIB
Bermain board game bersama (Foto: ebay.com) (Petronela Putri)

Teman-teman pernah mendengar istilah board game? Secara sederhana, bisa diartikan sebagai papan permainan yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Bahkan pada zaman dulu, permainan jenis ini dimainkan oleh para raja, lo!

Board game, permainan para penguasa zaman dulu

Sederhananya, board game adalah sejenis permainan yang dimainkan di atas sebuah papan permainan. Biasanya yang termasuk board game adalah permainan-permainan asah otak seperti scrabble atau monopoli.

Board game juga dinilai sebagai salah satu jenis permainan tertua yang ada di dunia. Pada zaman dulu, konon permainan ini menggunakan kayu atau batu, dan sering dimainkan oleh para raja-raja. Biasanya raja akan menantang penghuni istananya untuk ikut memainkan board game.

Bentuk board game kemudian berkembang seiring berjalannya waktu. Tak hanya sekadar batu atau kayu, ada juga board game yang menggunakan batu mulia atau bahkan gading yang diambil dari gajah. Zaman sekarang, board game dibuat dengan benda-benda yang lebih sesuai misalnya kartu atau dadu.

Permainan yang penuh petualangan

Sekarang, permainan board game sudah dikembangkan dengan lebih baik lagi. Orang-orang mulai mengembangkan cerita yang kemudian dimainkan dalam bentuk board game. Cerita ini pun memiliki tema-tema tertentu dan mempengaruji jumlah pemain pada board game tersebut. Beberapa di antaranya misalnya tema petualangan, cerita sejarah, dan lain sebagainya.

Jumlah pemain minimal biasanya ditentukan dalam aturan yang dibuat oleh pencipta board game. Di Indonesia bahkan ada kelompok pemain board game yang sering berkumpul untuk memainkan board game bersama-sama, atau bahkan menciptakan board game yang baru. Unik, ya!

Manfaat bermain board  game

Karena permainan ini sedikit berbeda dari permainan pada umumnya, tentu board game juga memiliki manfaat yang tak biasa, teman-teman. Salah satunya adalah melatih kesabaran. Ketika bermain board game, otomatis teman-teman bermain bersama beberapa orang sekaligus, dan ini membutuhkan kesabaran dibandingkan bermain game online sendiri, misalnya.

Selain itu, petualangan di dalam board game melatih kita untuk berpikir dan menyusun strategi agar bisa memenangkan permainan. Dengan kata lain, pemain board game dilatih untuk belajar berpikir dan mengambil risiko tertentu dalam permainan yang mereka mainkan.

Tertarik untuk mencobanya?