Fakta Unik Roti Tawar, Pernah Menjadi Mata Uang Bangsa Mesir

By Petronela Putri, Kamis, 31 Agustus 2017 | 09:35 WIB
Foto: pexels.com (Petronela Putri)

Roti tawar merupakan makanan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan sering dikonsumsi sebagai sarapan. Tetapi, apa teman-teman pernah tahu tentang fakta unik roti satu ini? Ini dia!

Kapan Pertama Kali Dijual?

Ternyata, roti tawar pertama kali dipasarkan tahun 1928, teman-teman! Tepatnya pada bulan Juli. Tanggal 7 Juli adalah kali pertama roti tawar dijual kepada banyak orang. Penjualnya adalah Chillicothe Baking Company dari Chillicothe dari Amerika Serikat.

Pernah Jadi Mata Uang di Mesir

Meski hanya sebuah makanan, roti  ternyata pernah dijadikan mata uang di Mesir, lo! Dulunya, bangsa Mesir Kuno sangat menyukai roti. Biasanya, roti-roti digunakan untuk barter atau tukar-menukar dengan barang penting lainnya. Bahkan, tak hanya itu, bangsa Mesir juga meletakkan roti di atas makam kerabat mereka yang sudah meninggal.

 

Orang Inggris Banyak Mengonsumsi Roti

Selain bangsa Mesir Kuno, ternyata masyarakat Inggris juga senang mengonsumsi roti, lo, teman-teman! Kabarnya, sekitar lebih dari 50% tepung di Inggris diolah menjadi roti. Biasanya perempuan Inggris mengonsumsi roti lebih banyak daripada penduduk laki-laki.

Nah, kalau teman-teman lebih menyukai olahan roti tawar yang seperti apa?