UFO Bridge, Jembatan dengan Piring Terbang di Slovakia

By Petronela Putri, Selasa, 5 September 2017 | 06:07 WIB
Foto: Creative Commons (Petronela Putri)

Teman-teman pernah melihat UFO? Jika tidak, di Republik Slovakia ada sebuah jembatan UFO, lo! Jembatan dengan UFO di atasnya itu bukan sembarang UFO. Ternyata, bagian atas jembatan tersebut digunakan sebagai restoran!

Jembatan UFO

Republik Slovakia merupakan salah satu negara di kawasan Eropa bagian tengah. Jika berlibur ke negara ini, teman-teman bisa melihat sebuah hal unik, yaitu restoran berbentuk UFO atau piring terbang! Uniknya lagi, restoran ini terletak di atas sebuah jembatan. Restoran itu bernama Watch.Taste.Groove, teman-teman!

Jembatan itu membentang di atas sebuah sungai bernama Sungai Danube dan memiliki lift yang digunakan pengunjung untuk naik ke restoran UFO. Jembatan UFO ini memiliki nama lain, yaitu Novy Most. Tetapi, orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai UFO Bridge.

Kapan Jembatan UFO Dibangun?

Jembatan UFO dibangun tepatnya pada tahun 1972. Kala itu fungsinya bukan sebagai sebuah restoran, melainkan jembatan yang menghubungkan dua wilayah. Barulah ketika restoran UFO dibuka, jembatan ini menjadi lebih terkenal.

Panjang UFO Bridge sekitar 431 meter. Hal yang membedakan UFO Bridge dengan jembatan lainnya adalah piring terbang yang terdapat pada bagian puncak jembatan, dengan ketinggian lebih dari 80 meter.

UFO Bridge kemudian dibuatkan sebuah menara yang berfungsi sebagai penyangga sang piring terbang. Nah, uniknya lagi, teman-teman tak harus makan di restoran Watch.Taste.Groove untuk bisa naik ke atas piring terbang tersebut. Jika ada wisatawan yang hanya ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, mereka dapat mengunjungi sebuah tempat khusus turis. Di tempat tersebut ada sebuah teropong yang berfungsi untuk melihat pemandangan kota.

Sebaliknya, jika teman-teman tertarik untuk menikmati makanan lokal di Watch.Taste.Groove, restoran ini mampu menampung sekitar 140 orang di dalam piring terbang mereka.