Apa Guna Klorofil pada Tumbuhan Hijau?

By Petronela Putri, Selasa, 12 September 2017 | 06:37 WIB
Foto: pixabay.com (Petronela Putri)

Teman-teman pernah mendengar istilah klorofil? Klorofil itu erat kaitannya dengan tumbuhan hijau. Tapi apa, sih, sebenarnya guna klorofil ini? Mengapa tumbuhan membutuhkan klorofil?

Tumbuhan Dapat Membuat Makanannya Sendiri

Sama seperti kita, tumbuhan dan hewan pun butuh makanan. Uniknya, tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri.

Lalu, bagaimana, sih, cara tumbuhan hijau itu membuat makanan mereka? Caranya agak sedikit berbeda dari cara manusia, teman-teman. Tumbuhan hijau biasa membuat makanannya dengan cara menyerap cahaya Matahari, lalu mengubahnya menjadi makanan.

Fotosintesis Memerlukan Klorofil

Nah, proses penyerapan cahaya Matahari oleh tumbuhan hijau inilah yang termasuk ke dalam sebuah proses bernama fotosintesis. Untuk melengkapi proses fotosintesis tersebut, tumbuhan hijau membutuhkan klorofil.

Klorofil adalah zat hijau daun yang pasti dimiliki tiap tumbuhan hijau. Klorofil merupakan salah satu bahan utama untuk proses fotosintesis. Setelah mendapatkan klorofil dan cahaya Matahari, tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri.

Bagaimana Klorofil Dibuat?

Setelah mengetahui apa itu klorofil, teman-teman tentu penasaran juga bagaimana zat hijau daun tersebut dibuat! Nah, proses pembuatan zat hijau daun atau klorofil biasanya terjadi di dalam tumbuhan. Tumbuhan hijau harus mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat membuat klorofil dengan baik. Salah satu sumber nutrisinya adalah pupuk. Karena itu, selain harus disiram, tanaman juga harus rajin diberi pupuk agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.