Migingo, Pulau Padat Penduduk yang Lebih Kecil dari Lapangan Bola!

By Petronela Putri, Selasa, 19 September 2017 | 07:32 WIB
Pulau ini sangat padat penduduknya. (Petronela Putri)

Jika ditanya mengenai tempat terpadat di dunia, tempat apa yang teman-teman pikirkan? India? Indonesia? Eits! Ternyata bukan juga, lo! Salah satu tempat terpadat di dunia adalah Migingo di Afrika!

Pulau Kecil antara Kenya dan Uganda

Migingo merupakan pulau kecil. Karena begitu kecilnya, pulau ini tak pernah ditampilkan di peta. Letaknya ada di perbatasan antara Kenya dan Uganda. Lebih tepatnya, di Danau Victoria yang merupakan danau tropis. Pulau itu berukuran lebih kecil dari lapangan sepak bola, teman-teman!

Meski demikian, pulau yang hingga kini masih menjadi rebutan dua negara itu, memiliki banyak penduduk. Karena itu, Pulau Migingo menjadi salah satu tempat terpadat di dunia.

Dihuni oleh Ribuan Orang

Kabar terbaru menyebutkan, penduduk di Pulau Migingo kini mencapai lebih dari 1.000 orang, lo! Di pulau ini, masyarakatnya sering melakukan  jual-beli ikan.

Salah satu ikan yang banyak ditemui di Pulau Migingo adalah ikan perch. Ikan ini banyak dikirim ke Eropa, lo.

Kehidupan Penduduk Pulau Migingo

Kepadatan penduduk di Pulau Migingo membuat penduduknya harus hidup dalam wilayah yang sempit, teman-teman. Bahkan, mereka tinggal di dalam rumah-rumah kayu yang dihuni banyak orang. Ada pula rumah yang terbuat dari kardus. Layaknya penduduk sekitar pulau, penduduk di Migingo juga berprofesi sebagai nelayan dan berjualan hasil laut.

Mulanya Ditemukan oleh Penduduk Kenya

Pulau Migingo mulanya ditemukan oleh penduduk Kenya. Dua nelayan asal Kenya mulai menetap dan mencari ikan nile perch di Pulau Migingo sejak awal tahun 1990-an. Karena ada banyak populasi ikan itu di Migingo, nelayan lain dari berbagai negara pun berbondong-bondong datang ke pulau ini. Akhirnya, Pulau Migingo menjadi pulau yang sangat padat penduduk!