Roti Canai, Makanan Lezat yang Juga Populer di Negara Tetangga

By Petronela Putri, Senin, 25 September 2017 | 08:15 WIB
Foto: Creative Commons (Petronela Putri)

Teman-teman pernah mencicipi makanan bernama roti canai atau yang dikenal juga sebagai roti maryam? Tak hanya di Indonesia, makanan ini juga terkenal dan menjadi favorit di negara-negara tetangga, lo!

Apa Itu Roti Canai dan Dari Mana Asalnya?

Roti canai atau yang dikenal juga sebagai roti maryam merupakan makanan berbentuk bundar dan memiliki tekstur yang tipis. Roti canai juga menjadi makanan di beberapa negara lain, termasuk negara tetangga kita. Di negara-negara lain, roti canai dikenal dengan nama yang berbeda-beda.

Konon, roti canai berasal dari India, tepatnya dari Chennai yang kemudian menjadi asal-usul namanya. Ketika masuk ke negara lain, roti canai memiliki banyak nama berbeda. Salah satunya adalah roti prata yang dikenal warga Singapura dan Malaysia, atau disebut juga sebagai flying bread oleh orang Eropa, teman-teman!

Roti Canai di Singapura

Roti canai atau prata mengalami sedikit perubahan ketika masuk ke Singapura. Di Negeri Singa ini, roti prata lebih banyak disantap dengan campuran pisang, keju, susu, gula, dan sebagainya.

Bagaimana Sejarah Roti Canai Masuk ke Indonesia?

Roti ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh masyarakat Arab. Setibanya di Indonesia, roti canai kemudian dikenal dengan nama roti maryam. Roti Maryam bisa dimasak dengan bahan-bahan manis seperti gula, madu, dan sebagainya, namun bisa pula dicampur dengan potongan-potongan daging berukuran kecil kemudian disiram kari kambing.

Roti ini memiliki rasa yang gurih dan hingga kini masih menjadi menu sarapan masyarakat India, Arab, dan sebagian negara tetangga, teman-teman. Di Indonesia sendiri, makanan gurih ini banyak dijual di restoran-restoran khas Timur Tengah serta di warung-warung makan khas Aceh.

Nah, apakah teman-teman tertarik mencobanya?