Pavlopetri, Kota Bawah Laut Tertua di Dunia

By Petronela Putri, Senin, 25 September 2017 | 09:55 WIB
Foto: Creative Commons (Petronela Putri)

Di kedalaman laut terdapat banyak hal menarik, teman-teman. Selain hewan dan tumbuhan bawah laut, ada juga kota-kota bawah laut, lo! Salah satunya adalah Pavlopetri di Yunani, yang merupakan kota bawah laut tertua!

Seperti Apa Bentuk Kota Pavlopetri?

Pavlopetri berada sekitar 5 meter di bawah permukaan laut sebelah Selatan Yunani. Tempat ini diperkirakan sebagai sebuah kota pelabuhan yang berjaya pada masanya. Kota ini diyakini ada di Yunani sejak 6.000 tahun yang lalu, teman-teman. Di Pavlopetri ada bangkai-bangkai kapal tua, juga ada kerajinan berupa keramik, lo!

Kota yang tenggelam di bawah laut tersebut kini sudah ditemukan, sekaligus dianggap sebagai kota bawah laut tertua yang bisa ditemukan sampai saat ini. Luasnya sekitar 100.000 meter persegi! Bahkan, ada beberapa bangunan baru yang ditemukan baru-baru ini, lo!

Zaman Perunggu

Sebagai sebuah kota, Pavlopetri memiliki seluruh fasilitas yang cukup lengkap, meski letaknya terpencil dan mungkin jauh dari jangkauan masyarakat luas kala itu. Misalnya ada pelabuhan, rumah ibadah, rumah, jalan, dan sebagainya. Pavlopetri berasal dari tahun 2800 Sebelum Masehi, tepatnya ketika zaman perunggu. Hal ini dibuktikan dari beberapa peninggalan yang ada di Pavlopetri.

Siapa Penemu Pavlopetri?

Pavlopetri ditemukan oleh Dr. Nic Flemming, tepatnya tahun 1967 yang lalu. Kemudian, para ahli mulai melakukan penelitian untuk menelusuri sejarah kota Pavlopetri. Dari penelitian-penelitian itulah para ahli mengetahui bahwa Pavlopetri memiliki fasilitas kota yang lengkap! Melalui pelabuhan, penduduk Pavlopetri bisa melakukan perdagangan laut. Meski demikian, hingga saat ini para ahli belum bisa menyimpulkan mengapa Pavlopetri ditinggal oleh penduduknya.

Selain Pavlopetri, sebenarnya ada beberapa kota bawah laut lain yang menarik dan telah ditemukan juga, lo, teman-teman. Hal ini membuktikan bahwa manusia-manusia pada zaman dulu juga telah memiliki kemajuan dalam membangun sebuah kota.