Semut Madu, Ukuran Tubuhnya Bisa Membesar Berkali-kali Lipat!

By Petronela Putri, Senin, 25 September 2017 | 10:36 WIB
Foto: Creative Commons (Petronela Putri)

Apa yang terpikirkan oleh teman-teman ketika mendengar kata ‘semut’? Seekor hewan berbadan kecil dan bergerombol? Eits! Ada juga, lo, semut yang ukuran badannya bisa membesar berkali lipat. Seperti apa, ya?

Badannya Bisa Membesar

Semut madu ini disebut juga sebagai honey pot ant. Henry C. McCook adalah orang pertama yang memperkenalkan semut ini, tepatnya sekitar tahun 1881. Semut madu mendapatkan makanan berupa madu dari semut-semut lainnya. Tetapi madu yang menjadi makanan honey pot ant ini berbeda dengan madu yang biasa kita kenal, teman-teman.

Madu yang dimaksud di sini merupakan buangan berupa getah tumbuhan yang memiliki kandungan gula dan manis seperti madu. Karena itu, semut-semut ini kemudian banyak dikenal sebagai semut madu, padahal mereka pun memiliki nama latin yaitu Myrmecocystus.

 

Sebagai Tempat Penyimpanan

Ada hal yang unik di kalangan semut madu. Mereka memiliki pekerjaan masing-masing yang telah diatur sedemikian rupa. Misalnya, ada semut madu yang bertugas mencari makanan berupa madu, kemudian mereka membawanya pulang ke sarang. Nah, nantinya makanan tersebut akan diserahkan kepada semut madu lain yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan makanan.

Semut madu yang menampung makanan itu menyimpan madu di dalam perutnya, lo! Akibatnya, tubuh mereka bisa membesar berkali-kali lipat.

Menggantungkan Tubuh

Hal unik lainnya adalah semut madu akan menggantungkan tubuh gemuk mereka, kemudian memuntahkan madu bagi teman-teman mereka yang sedang lapar. Semut madu sengaja menyimpan makanan, sebab ada masanya mereka akan kesulitan mencari makanan, teman-teman. Jadi, bisa disimpulkan bahwa semut madu menyimpan madu-madu hasil buruannya sebagai cadangan makanan.