Mengapa Cuaca Bisa Berubah-ubah?

  • Selasa, 12 September 2017 15:16 WIB

Foto: Pixabay.com | Foto: Pixabay.com

Bagaimana keadaan cuaca di kota teman-teman hari ini? Cuaca di sebuah kota terus berubah-ubah, bahkan dalam durasi waktu yang singkat. Sebenarnya, apa sih sebabnya cuaca bisa berubah?

Cuaca sulit diprediksi, teman-teman. Meski pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)  bisa menerbitkan prediksi mengenai cuaca harian, tetapi tidak seluruh perkiraan ini bisa benar seratus persen, lo!

Cuaca tetap dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Bahkan terkadang perubahan tersebut tergolong ekstrem. Misalnya panas pada pagi hingga siang hari, lalu berubah hujan deras ketika menjelang sore. Nah, tetapi, teman-teman pernah penasaran nggak apa sebabnya cuaca bisa terus berubah?

Pemanasan Global

Global warming atau pemanasan global merupakan salah satu peneybab cuaca sering berubah secara ekstrem, teman-teman. Pemanasan global menyebabkan mencairnya gunung es, sehingga berpengaruh kepada cuaca di seluruh muka Bumi. Selain itu, pemanasan global dapat menyebabkan penyebaran penyakit malaria yang lebih cepat, dan juga mengakibatkan terjadinya badai. Wah...

Kondisi Permukaan Laut

Nah, hal lain yang dapat mengakibatkan perubahan cuaca sehari-hari adalah kondisi pada permukaan laut, teman-teman. Sederhananya, jika permukaan air laut meningkat, maka curah hujan pun semakin tinggi dan cuaca seketika menjadi berubah-ubah. Sebaliknya, ketika permukaan laut tidak meningkat secara tiba-tiba, maka curah hujan akan berjalan normal.

undefined
Foto: Pixabay.com

Perubahan Suhu dan Rotasi Bumi

Di samping itu, perubahan cuaca juga disebabkan oleh berubahnya suhu Bumi, teman-teman. Suhu tinggi dan rendah tentu dapat mengakibatkan dampak yang berbeda terhadap cuaca. Karena itulah setiap harinya kita bisa saja mengalami perubahan cuaca. Hal berikutnya yang dapat memengaruhi perubahan cuaca adalah putaran atau rotasi Bumi.

Rotasi bumi adalah sebuah kondisi saat Bumi berputar pada porosnya. Selain perubahan cuaca, rotasi Bumi biasanya mengakibatkan terjadinya perubahan waktu di antara tiap negara tertentu.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

3 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

Dendam yang Sia-sia

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×