Cidomo, Delman dari Lombok

  • Sabtu, 27 Mei 2017 17:00 WIB

Foto: gili-hotels.com

Teman-teman pernah naik delman? Nah, di Lombok dan Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat, ada sebuah kendaraan mirip dengan delman. Namanya Cidomo. Apa, ya, bedanya dengan delman? Yuk, simak berikut ini!

Delman dengan roda mobil

Delman dari Lombok ini bernama Cidomo. Secara umum, bentuknya sangat mirip dengan delman-delman lainnya. Hanya saja, kendaraan ini ternyata menggunakan ban mobil bekas sebagai rodanya, bukan roda kayu layaknya delman biasa!

Selain itu, dengan cidomo, teman-teman dapat berkeliling Lombok atau Kepulauan Gili sambil melihat-lihat pemandangan sekitar dan menghirup udara segar. Sebab, selain sepeda, ternyata cidomo memang kendaraan utama di sini.

Bahkan, di Gili Trawangan dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan udaranya, teman-teman.

Mulanya digunakan untuk mengangkut barang

Memang belum ada sejarah lengkap mengenai munculnya cidomo di Lombok, tetapi konon dulunya kendaraan ini digunakan untuk mengangkut barang. Seiring perkembangan zaman, cidomo juga bisa untuk mengangkut penumpang, bahkan wisatawan yang sedang berkunjung ke pulau di sebelah Barat Nusa Tenggara tersebut.

Foto: wikipedia.org
Foto: wikipedia.org

Tetap menggunakan tenaga kuda

Nah, meski menggunakan ban mobil, tetapi cidomo tetap menggunakan kuda sebagai tenaga penariknya –sama seperti delman. Pada beberapa cidomo jumlah kudanya tak hanya satu. Bahkan ada cidomo yang ditarik lebih dari 2 kuda sekaligus. Ini tergantung pada beban yang ditariknya, teman-teman.

Dari segi bentuk, cidomo memang cukup mirip delman, meski warnanya tidak secerah delman pada umumnya. cidomo cukup sederhana. Meski demikian, cidomo tetap menjadi transportasi favorit di Gili Trawangan.

Jika teman-teman ingin mencoba alternatif lain, teman-teman diperbolehkan menyewa sepeda atau berkeliling dengan berjalan kaki. Tetapi, tetap perhatikan jarak tempuh menuju penginapan, ya! Agar tubuh tidak menjadi terlalu lelah, hihi.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Putri Mandi

8 jam yang lalu

Cerita

Kamar Nomor 18

2 jam yang lalu

Cerita

Detektif Makan Siang

7 jam yang lalu

Cerita

Benda Antik dari Girimeda

24 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Cergam Bona: Baju Hangat

3 jam yang lalu

MOST READ

Putri Mandi

8 jam yang lalu

Tong Gendut

2 hari yang lalu

Cergam Bobo: Terlalu Lelah

3 hari yang lalu

Rumah Nomor 6

3 hari yang lalu

Sendiri di Rumah

1 hari yang lalu

Bertengkar dengan Bayangan

1 hari yang lalu

Perkedel Sukun

1 hari yang lalu

Kamar Nomor 18

2 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×