Teh Talua, Minuman Favorit Bangsawan Minang

By Petronela Putri, Selasa, 23 Mei 2017 | 06:48 WIB
Foto: konfrontasi.com (Petronela Putri)

Ada satu jenis minuman tradisional yang terkenal dan berasal dari Sumatera Barat, namanya teh talua. Dulunya, minuman ini hanya favorit kaum bangsawan, tetapi sekarang seluruh kalangan bahkan anak muda juga menyukai teh talua.

Minuman yang terbuat dari telur

Teh talua berarti teh telur, merupakan salah satu jenis minuman teh yang dicampur dengan kuning telur. Telurnya bisa diambil dari telur ayam maupun bebek, teman-teman. Kemudian teh dan telur ini bisa ditambahkan susu atau gula agar rasanya lebih manis. Untuk menghilangkan amis dari telur, biasanya orang-orang akan menambahkan jeruk nipis.

Konon, dulunya hanya orang-orang bangsawan dan yang memiliki derajat lebih tinggi yang boleh minum teh talua di Sumatera Barat. Tetapi, sekarang semua kalangan bisa menikmatinya, sebab teh talua tersedia di kedai atau warung-warung biasa. Masyarakat biasa menikmati teh ini pagi hari, sebelum berangkat bekerja atau berangkat ke sawah.

Beberapa bagian dari teh talua

Teh ini memiliki beberapa tingkat di dalam 1 gelas. Masing-masingnya memiliki warna berbeda; ada yang agak kecoklatan, putih, dan sejenis busa. Konon jika teman-teman meletakkan sendok aluminium di tengah ketiga tingkatan ini, sendoknya dapat berdiri tegak, lo! Hihi.

Dulu hanya disukai oleh orang-orang tua

Dulu di Sumatera Barat, hanya orang tua yang menyukai teh talua. Karena teh ini dinilai dapat menyehatkan tubuh. Dan biasanya teh terhidang dalam keadaan panas. Tetapi sekarang di warung-warung atau kedai minum, banyak pula anak muda yang turut menikmati teh ini.

Teh talua zaman sekarang sengaja dibuat mengikuti selera banyak orang, agar dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan banyak warung atau kedai yang menyediakan teh talua versi dingin.

Nah, jika teman-teman tertarik untuk mencobanya, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu kedai minum jika sedang di Sumatera Barat.