Ketoprak yang Ini Bukan Makanan, Melainkan Kesenian Jawa!

  • Kamis, 31 Agustus 2017 17:15 WIB

Kesenian ketoprak pernah ditayangkan di televisi. | Ricky Martin / Majalah Bobo

Tiap kali mendengar kata ‘ketoprak’, teman-teman pasti mengira ini adalah sebuah makanan. Memang benar. Tapi ternyata ada jenis ketoprak lain. Ketroprak ini adalah kesenian khas Jawa, lo!

Kesenian Tradisional

Kesenian ketoprak biasanya banyak dikenal di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kesenian ketoprak berupa pementasan drama berbahasa Jawa.

Ada berbagai macam cerita yang biasa dipentaskan dalam ketoprak, misalnya kisah-kisah sejarah dan kebudayaan. Tak jarang juga ketoprak mementaskan kisah fiksi dan fantasi. Dalam pementasan, akan ada alunan tembang Jawa. Para pemainnya juga menggunakan kostum. Kostum apa yang digunakan, biasanya tergantung kepada jalan cerita dan ciri-ciri tokohnya.

Tak Hanya Berakting

Pemain ketoprak tak hanya berakting di dalam pementasan, tetapi juga menampilkan tarian-tarian sederhana yang menarik bagi penonton. Mulanya tarian dalam ketoprak diiringi oleh bunyi lesung. Karena hal ini pula, ketoprak pernah dikenal dengan nama ‘ketoprak lesung’.

Selain Ketoprak Lesung, ada jenis Ketoprak Mataram yang dimainkan dengan iringan gamelan. Di Sumatera pun pernah ada ketoprak, lo! Namanya Ketoprak Dor!

Awalnya Hanya Hiburan Rakyat

Sejak dulu, ketoprak diciptakan untuk menghibur rakyat. Biasanya, penonton pentas ketoprak ini adalah rakyat kecil, bukan keluarga kerajaan. Para pemain berakting menjadi raja, ratu, dan sebagainya sesuai dengan cerita yang mereka buat. Lama-lama, kesenian ini pun dilirik oleh anggota kerajaan. Lalu mereka mulai tertarik menontonnya.

Bahkan, ketoprak pernah ditayangkan di televisi. Nah, apa teman-teman pernah menonton pementasan ketoprak?

 

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×