Sarung Tangan Pintar, Bisa Mengubah Bahasa Isyarat Jadi Teks

By Petronela Putri, Kamis, 8 Juni 2017 | 07:24 WIB
Foto: arah.com (Petronela Putri)

Sarung tangan biasa digunakan untuk melindungi tangan dari panas, atau sesuatu yang berbahaya. Tetapi di Taiwan, ada sebuah sarung tangan unik. Sarung tangan ini bisa menerjemahkan bahasa isyarat!

Untuk membantu penyandang tuna rungu

Sarung tangan unik ini diciptakan sebuah perusahaan bernama Yingmi Tech, teman-teman. Meski selintas tampak sama dengan sarung tangan pada umumnya, tetapi sarung tangan ini memiliki kemampuan yang cukup hebat.

Yap, sarung tangan buatan Yingmi Tech mampu menerjemahkan bahasa isyarat menjadi teks. Teknologi keren ini diciptakan untuk memudahkan teman-teman kita penyandang tuna rungu. Jadi, penggunanya tinggal menggerakan jari-jari tangan mereka, kemudian sarung tangan tersebut yang akan menerjemahkannya menjadi sebuah teks. Jadi, penyandang tuna rungu dapat menyampaikan maksud mereka dengan lebih mudah dan cepat!

Berkomunikasi semakin mudah

Sarung tangan milik Yingmi Tech ternyata memiliki sensor di bagian jari. Nah, sensor inilah yang kemudian menerjemahkan gerakan jari, mengirimkannya ke ponsel pintar atau smartphone melalui bluetooth, sehingga kemudian gerakan tangan tersebut berubah menjadi teks.

Sarung tangan ini dipamerkan di sebuah acara di Taipei beberapa waktu lalu dan sekaligus membuktikan bahwa teknologi sudah semakin maju serta dapat membantu manusia dalam melakukan banyak hal, sehingga menjadi lebih mudah.

Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya teknologi baru yang terus-menerus muncul dalam berbagai bidang di seluruh dunia.

Menggunakan bahasa China

Meski demikian, ternyata sarung tangan ini baru menggunakan bahasa China karena memang diciptakan di Taiwan. Tetapi Yingmi Tech sebagai pengembangnya berencana bekerja sama dengan berbagai perusahaan lain untuk bisa menciptakan fitur-fitur yang baru bagi sarung tangan tersebut.

Nah, bukan tidak mungkin bahwa nantinya sarung tangan ini akan diciptakan versi bahasa Indonesianya, kan, teman-teman? Hihi.