Hiii Seram… Ada Sushi Hantu di Jepang!

By Aisha Safira, Rabu, 12 Juli 2017 | 10:02 WIB
Sushi (Aisha Safira)

Kalau mendengar kata hantu, pasti yang terlintas di pikiran adalah hal menakutkan. Apakah sushi hantu di Jepang juga menakutkan?

Asal muasal sushi hantu

Sushi adalah makanan khas Jepang. Salah satu sushi yang unik di Jepang adalah ghost sushi atau sushi hantu. Sushi hantu pertama kali dibuat di restoran bernama Kozosushi. Restoran Kozosuhsi pertama kali berdiri pada tahun 1970-an. Dulu, restoran sushi ini mempunyai sekitar 2.000 cabang di Jepang. Namun kini berkurang menjadi 268 restoran saja.

Salah satu sushi unik yang dijual di restoran ini adalah ghost sushi atau yurei sushi. Menu sushi hantu ini sangat digemari oleh masyarakat Jepang. Menu sushi ini pernah terjual sebanyak 230 ribu unit di seluruh Jepang. Sayangnya, saat Kozosushi mengurangi cabangnya, menu legendaris ini sempat ikut menghilang.

Seperti apa sih sushi hantu itu?

Sushi hantu ini tidak menyeramkan sama sekali kok. Lalu mengapa namanya ghost sushi? Jika dilihat pertama kali, pada hidangan ini hanya akan terlihat nasi saja. Tidak ada tambahan makanan laut di atasnya seperti sushi pada umumnya. Di manakah semua topping-nya?

Ternyata semua makanan lautnya tersembunyi di bawah nasi dan baru bisa terlihat setelah dimakan. Ada bermacam-macam makanan laut di bawah nasi tersebut. Ada ikan salmon juga tuna, udang, tahu goreng, gurita, dan masih banyak lagi. Jadi topping-nya tidak terlihat, seperti hantu!

Sushi hantu kembali lagi

Setelah lama tidak ada dalam menu, sushi hantu ini disajikan lagi mulai Juli 2017. Menu ghost sushi dijual seharga 590 yen atau sekitar 70 ribu rupiah. Nah, kalau kamu sedang atau akan berkunjung ke Negeri Sakura, jangan lupa mencoba sushi hantu ya!