Bikesphere, Sepeda yang Memiliki Lampu Anti Kecelakaan

By Petronela Putri, Senin, 19 Juni 2017 | 06:00 WIB
Foto: brilio.net (Petronela Putri)

Berkendara para malam hari biasanya berisiko kecelakaan lebih besar daripada di siang hari. Terlebih jika teman-teman mengendari sepeda yang tidak memiliki lampu seterang motor atau mobil. Namun, kini ada sepeda dengan lampu anti kecelakaan!

Bagaimana Cara Bikesphere Bekerja

Sebuah produk sepeda dari Perancis bernama Bikesphere, memiliki laser pada setangnya. Jika sepeda ini dikendarai pada malam hari, ada cahaya kemerahan yang menyinari bagian depan dan belakang sepeda.

Agar kendaraan lain bisa melihat ada sepeda yang melintas, bola laser Bikesphere juga bisa membuat cahaya kemerahan yang terpantul ke jalan, di sekeliling sepeda. Cahaya itu akan ikut bergerak bersama sepeda tersebut. Dengan begitu, sepeda tersebut akan terlihat meski dalam suasana gelap.

Bikesphere memiliki sensor tertentu untuk menilai lingkungan di sekitar pengendara. Ketika mendeteksi ada kendaraan lain yang mendekat dalam jarak tertentu, sensor akan memberikan peringatan kepada pengendara.

Bikesphere di siang hari

Nah, bagaimana jika kita mengendarai Bikesphere di siang hari? Karena Bikesphere juga mirip dengan sepeda biasa, maka ketika berada di tempat terang atau siang hari, hanya lampu utama pada Bikesphere yang aktif menyala. Hal ini bertujuan untuk menghemat baterai.

Hal ini sengaja dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan di jalan, terutama saat malam hari dan sedikit penerangan. Perusahaan Bikesphere memang ikut dalam gerakan Trendy Driver, sebuah gerakan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.