Wah, Ternyata Hewan Bisa Memprediksi Bencana!

By Petronela Putri, Senin, 5 Juni 2017 | 07:44 WIB
Foto: livewithdogs.tv (Petronela Putri)

Di beberapa wilayah yang pernah dilanda bencana, seringkali ada dugaan tentang anehnya tingkah laku para hewan sekitar sebelum bencana terjadi. Ternyata, beberapa hewan bisa memprediksi datangnya bencana alam, lo, teman-teman!

Pengamatan terhadap hewan

Konon, beberapa kejadian atau bencana besar selalu diawali dengan anehnya perilaku hewan sekitar daerah tersebut. Misalnya ketika tsunami melanda Aceh pada tahun 2004, dan juga badai di beberapa wilayah.

Bencana alam seperti gempa bumi, longsor, badai, memang sesuatu yang sifatnya sangat mendadak, tetapi sebenarnya hewan memiliki kemampuan unik untuk bisa merasakan datangnya bencana, teman-teman. Bahkan banyak ilmuwan pun sudah meneliti hal ini, dan menemukan beberapa fakta menarik.

Hewan-hewan apa saja yang bisa memprediksi bencana alam?

1. Anjing

Teman-teman pasti pernah melihat anjing, kan? Anjing merupakan hewan yang dalam keseharian cukup dekat dengan manusia. Dan jika teman-teman memperhatikannya, kepolisian pun sering menggunakan anjing untuk meneliti berbagai hal sebab hewan ini memiliki indra penciuman tajam.

Dengan indra penciumannya, anjing bisa menemukan banyak hal. Khususnya dalam pencarian korban atau bukti tertentu yang dapat membantu tugas Pak Polisi. Begitu pula dengan bencana alam, biasanya anjing sensitif dan bisa merasakan tanda-tanda akan terjadi bencana. Wah!

2. Kucing

Kucing termasuk salah satu hewan yang juga sering menjadi peliharaan di rumah-rumah. Salah satu keahlian kucing adalah merasakan tanda akan datangnya gempa. Biasanya, beberapa hari sebelum gempa terjadi, kucing-kucing akan merasa gelisah dan berubah sikap.

3. Lebah madu

Lebah pun tak kalah unik, teman-teman. Sebab mereka bisa memprediksi kapan hujan deras akan tiba. Jika teman-teman melihat kawanan lebah terburu-buru pulang ke sarang, biasanya itu pertanda akan datangnya hujan deras di wilayah sekitar, lo!