Selfie Boarding, Mesin Canggih untuk Boarding Lebih Cepat

By Petronela Putri, Jumat, 9 Juni 2017 | 08:45 WIB
Foto: hypebeast.com (Petronela Putri)

Boarding merupakan salah satu proses yang cukup menyita waktu sebab harus antre di bandara. Tetapi, kini salah satu maskapai penerbangan di Amerika akan menerapkan sistem selfie boarding, lo, teman-teman!

Cara baru untuk boarding

Boarding adalah salah satu proses konfirmasi yang harus dilewati para penumpang sebelum memasuki atau menumpang sebuah maskapai pesawat terbang, teman-teman. Biasanya penumpang diwajibkan untuk antre dan memperlihatkan kartu identitas asli kepada petugas bandar udara.

Tetapi sekarang ada teknologi baru untuk mempermudah dan mempersingkat waktu boarding, yaitu selfie boarding. Teknologi yang digunakan untuk kamera selfie boarding ini bernama Customs and Border Patrol (CBP), yang memungkinkan para penumpang untuk melakukan proses boarding hanya dengan berfoto atau selfie di depan sebuah kamera khusus yang ada di bandar udara.

Selfie boarding: mengenali wajah penumpang

Semua penumpang akan diberikan sebuah ID yang bisa digunakan di depan kamera. Ketika penumpang melakukan selfie, maka kamera selfie boarding bisa mengenali wajah para penumpang, sehingga mereka tidak perlu lagi antre panjang untuk menunjukkan identitas.

Sebab, kamera akan merekam dan meneruskan foto para penumpang ke sistem, kemudian sistem akan memeriksa apakah wajah tersebut cocok dengan foto paspor atau tidak. serta menjabarkan jadwal penerbangan yang dituju.

Maskapai pertama yang menggunakan teknologi selfie boarding

JetBlue, sebuah maskapai Amerika Serikat merupakan maskapai pertama yang akan menggunakan sistem ini. Rencananya, penerbangan pertama dengan sistem selfie boarding adalah penerbangan dari Boston ke Aruba yang dilaksanakan pada Juni 2017 ini.

Selain itu, sistem ini juga membuat antrean panjang di bandar udara menjadi berkurang. Seluruh penumpang bisa boarding masing-masing dengan cara self service. Wah, ternyata teknologi bisa membuat semuanya menjadi lebih praktis, ya, teman-teman!