Makanan Berbuka Puasa di Berbagai Negara

By Petronela Putri, Selasa, 6 Juni 2017 | 08:50 WIB
Foto: cnnindonesia.com (Petronela Putri)

Bulan Ramadhan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang tersebar di berbagai negara. Selain itu, ternyata saat berbuka, masing-masing negara mengonsumsi makanan yang berbeda juga, lo! Apa saja, ya, menunya?

Haleem di India

Masyarakat di daerah Hyderabad, India, biasanya berbuka dengan hidangan bubur gandum yang dicampur daging domba atau sapi. Hidangan ini dikenal dengan nama Haleem. Untuk makanan yang lebih ringan, mereka punya Pakora, yaitu gorengan dengan berbagai macam campuran seperti bawang, kentang, tomat, bayam, dan lainnya.

Kurma di Madinah

Ada ratusan jenis kurma di dunia ini, teman-teman. Dan ternyata di kota Madinah, Arab Saudi, buah manis ini dihidangkan untuk panganan berbuka puasa. Secara umum, kurma memiliki rasa yang manis dan asam.

Tak hanya di Madinah, kurma juga sangat terkenal sebagai panganan untuk berbuka puasa hingga ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Nasi lemak di Malaysia

Di Malaysia, ada sebuah menu makanan yang amat digemari, teman-teman. Namanya nasi lemak. Secara umum, nasi lemak merupakan nasi yang dimasak dengan santan, kurang lebih seperti nasi uduk, dihidangkan dengan aneka jenis lauk seperti telur, teri, kacang, daging, timun, dan sebagainya. Topping nasi lemak berbeda-beda tiap tempat meski secara umum bentuknya mirip.

Samosa di Bangladesh

Samosa bukanlah makanna berat, teman-teman, melainkan camilan gurih asal Bangladesh. Samosa berisi daging yang digiling, kemudian ditambahkan bumbu remah, lalu digoreng hingga kecoklatan. Makanan ini biasa digunakan sebagai pengganjal perut ketika waktu berbuka tiba. Hihi.

Kalau di daerah dekat rumah teman-teman, biasanya hidangan apa saja yang sering dijadikan panganan berbuka puasa?