Papakolea, Pantai Unik Berpasir Hijau. Kok Bisa?

By Aisha Safira, Senin, 17 Juli 2017 | 11:19 WIB
Pantai Papakole (Aisha Safira)

Pantai berpasir putih sudah sering kita jumpai. Bagaimana dengan pantai yang pasirnya berwarna hijau? Ternyata ada lo di Hawaii, pantai yang pasirnya hijau. Kok bisa ya?

Pantai berpasir putih, ada. Pantai berpasir hitam, juga ada. Di Hawaii, ada pantai unik berpasir hijau. Pantai ini bernama Papakolea. Pantai Papakolea terletak di wilayah Ka’u,Kepulauan Hawaii. Pasir di pantai ini terlihat hijau seperti batu zamrud sehingga menarik banyak wisatawan. 

Kok bisa pasirnya hijau?

Dari mana sih asal pasir hijau Pantai Papakolea? Ternyata asalnya dari Gunung Mahana. Gunung Mahana meletus sekitar 49 ribu tahun yang lalu. Saat itu, Gunung Mahana menyemburkan abu vulkanik yang berwarna hijau. Abu vulkanik tersebut tersebar di sepanjang Pantai Papakolea. Jadilah pantai berpasir hijau.

Sekarang pertanyaannya adalah mengapa abu vulkanik Gunung Mahana berwarna hijau? Hal ini disebabkan oleh kandungan Kristal Olivine. Kristal Olivine tersebut pecah dan bercampur dengan pasir di Pantai Papakolea. Masyarakat di sana menyebut Kristal Olivine sebagai berlian Hawaii. Keindahan Pantai Papakolea juga disebut berlian Hawaii.

Sulit dicapai

Tempat yang disebut Pantai Hijau ini sayangnya sulit dicapai. Sebabnya, pantai ini terletak di balik tebing. Para wisatawan yang ingin datang ke pantai ini harus mendaki tebing terlebih dahulu. Mereka tidak perlu khawatir akan tergelincir karena tebingnya dalam keadaan kering. Walaupun sulit dicapai, semuanya akan terbayar saat melihat keindahan Pantai Papakolea yang hijau. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian!