Pegunungan Ural, Pegunungan Tua di Rusia

By Petronela Putri, Sabtu, 3 Juni 2017 | 22:03 WIB
Foto: erabaru.net (Petronela Putri)

Banyak sekali kota-kota tua di berbagai belahan dunia. Selain Machu Picchu di Peru, juga ada pegunungan Ural di Rusia. Para ahli memperkirakan pegunungan ini sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Wah!

Kota tua di pegunungan Ural

Pegunungan Ural merupakan salah satu tempat yang berada di perbatasan antara Eropa dan Asia, panjangnya 2.500 kilometer.

Sama seperti kota-kota tua pada umumnya, di pegunungan Ural juga terdapat berbagai candi, menhir, dan bekas tempat pemujaan nenek moyang yang berisi persembahan.

Diduga, peradaban tua di pegunungan ural ini sudah ada sejak 300 tahun lalu dan termasuk salah satu tempat tertua di muka bumi, teman-teman. Ternyata sudah lama sekali, ya! Hanya saja, tidak terlalu banyak yang mengetahui sejarah peradaban kuno pegunungan Ural ini, sehingga tidak begitu banyak informasi yang bisa didapat.

Penuh dengan sumber daya alam

Ajaibnya, meski jarang terdengar namanya, tetapi pegunungan Ural termasuk tempat yang kaya. Ada begitu banyak sumber daya alam berupa batu-batu mulia di tanahnya. Beberapa pihak bahkan datang ke Ural khusus untuk menggali emasnya.

Selain itu ada banyak barang buatan yang sudah tua dan diduga sebagai peralatan dari suatu peradaban manusia pada zaman kuno dulu. Ini membuktikan bahwa masyarakat di pegunungan Ural sudah berhasil menciptakan teknologi cukup maju bahkan di masa lalu.

Kuil tua

Jika ditelusuri lagi, ada juga pintu kecil yang mengarah kepada satu ruangan besar, seperti aula sebuah kuil tua. Bahkan, di dalamnya juga ditemukan berbagai macam patung asing yang tak dikenal.

Batu-batu raksasa

Di pegunungan Ural juga terdapat batu-batu raksasa yang tingginya mencapai puluhan meter. Batu ini dikenal dengan nama Manpupuner dan jumlahnya ada 7. Manpupuner juga menjadi salah satu daya tarik Pegunungan Ural, tetapi belum ada catatan sejarah lebih lengkap mengenai batu-batu ini.