Fungsi Warna Hitam Putih pada Tubuh Panda

By Petronela Putri, Selasa, 28 November 2017 | 05:05 WIB
Panda raksasa masih satu keluarga dengan beruang (Petronela Putri)

Panda merupakan hewan menggemaskan asal Tiongkok. Teman-teman tahu nggak, kalau ternyata warna belang hitam putih panda itu memiliki fungsi tersendiri?

Disebut juga Sebagai Kucing Hitam Putih

Panda termasuk hewan mamalia dan merupakan bagian dari beruang. Biasanya hewan gemuk ini tinggal di daerah pegunungan dan menjadi kebanggaan masyarakat Tiongkok. Di sana, panda bahkan menjadi lambang negara dan gambar pada mata uang.

Masyarakat Tiongkok mengenal panda sebagai kucing hitam putih atau kucing beruang. Hewan pemakan bambu ini memang paling banyak terdapat di Tiongkok. Kini, para penliti mengatakan bahwa populasi panda yang masih hidup hanya 1.600-an ekor saja, teman-teman!

Belang Hitam Putih

Nah, si panda yang lucu menggemaskan ini memiliki bulu-bulu belang hitam dan putih. Ternyata warna bulu panda tersebut bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya masing-masing, lo! Hal ini disampaikan oleh sekelompok peneliti dari California, bahwa ternyata bulu putih digunakan panda untuk menyembunyikan diri di tempat bersalju.

Sementara warna bulu yang hitam bisa digunakan untuk bersembunyi di lingkungan gelap. Mengapa panda kadang bersembunyi? Sebab adanya beberapa hewan lain yang bisa memangsa mereka, teman-teman.

Tanda Pengenal dan Alat Komunikasi dengan Sesama Panda Lainnya

Selain itu, warna hitam pada tubuh panda juga bisa digunakan sebagai tanda pengenal. Satu panda bisa mengenal bahkan mengingat teman pandanya yang lain hanya dari warna hitam tersebut. Mereka memiliki cara berkomunikasi yang unik satu sama lain serta mampu saling memperingatkan jika ada hewan asing yang mendekat.

Wah, ternyata panda termasuk hewan yang kompak, ya, teman-teman?