3 Garam Unik Ini Berwarna Pink!

By Aisha Safira, Senin, 7 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Garam Pink (Aisha Safira)

Kamu pasti tahu garam kan? Bumbu yang satu ini biasa digunakan untuk memberikan rasa asin dan gurih pada masakan. Garam biasanya berbentuk butiran dengan warna putih. Tapi, ternyata di beberapa negara ada garam yang unik, lo! Garam unik ini warnanya pink. Ada di mana saja, sih, garam ini? Mengapa bisa berwarna pink, ya?

1. Australia

Negara yang khas dengan kangguru ini ternyata mempunyai garam berwarna pink. Garam ini berasal dari Sungai Murray dan oleh sebab itu dinamakan Murray River Salt. Garam ini kaya akan mineral, lo, yaitu magnesium, kalsium, kalium, dan yodium. Dari kandungan semua mineral inilah asal mula warna pink pada Murray River Salt. Jika berkunjung ke Tasmania, New South Wales, Queensland, Victoria, dan Australia Selatan juga Barat, kita bisa menjumpai garam unik ini.

2. Himalaya

Dari namanya saja, yaitu Pink Himalayan Salt, kita sudah pasti tahu kalau garam ini berwarna pink. Uniknya lagi, garam ini bukan berasal dari kaki bukit Pegunungan Himalaya, lo! Selain warnanya yang berbeda, Pink Himalayan Salt ini butirannya lebih kasar dari garam biasa. Warnanya pun bisa berbeda-beda tiap butir. Ada yang warnanya lebih muda dan juga tua. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kandungan mineral di dalamnya, khususnya zat besi.

3. Hawaii

Hawaii juga punya garam berwarna pink yang disebut Hawaiian Pink Salt. Nama lain dari garam ini adalah Alaea. Alaea berasal dari tanah liat di pantai Hawaii yang memberikan warna unik pada garam ini. Hawaiian Pink Salt juga mengandung zat besi dari tanah liat vulkanik yang berwarna merah. Ajaibnya, kalau dimasukan ke dalam air, garam ini akan menimbulkan suara desis, lo!