Kita Diizinkan Terlambat di 3 Negara Ini

By Aisha Safira, Selasa, 8 Agustus 2017 | 04:30 WIB
Terlambat (Aisha Safira)

Datang tepat waktu adalah salah satu cara melatih kedisiplinan. Oleh karena itu, datang terlambat sangat tidak dianjurkan. Datang ke mana pun harus selalu tepat waktu, apalagi ke sekolah. Kalau datang terlambat terus, pasti akan ditegur oleh para guru. Anehnya, ada tiga negara yang memperbolehkan, bahkan menganjurkan untuk datang terlambat.

1. Brazil

Para penduduk di Brazil sudah biasa datang terlambat. Mengapa? Sama seperti di Jakarta, Brazil pun mempunyai masalah dengan kemacetan. Oleh karena itu, keterlambatan adalah hal yang dimaklumi di Brazil. Orang-orang di sana tidak akan terlalu peduli jika seseorang datang lebih awal, tepat waktu, atau terlambat. Pekerjaan di Brazil pun dijalani dengan santai. Bahkan, saat penyelenggaraan ujian nasional, banyak murid yang terlambat.

2. Chili

Kalau di Chili boleh datang terlambat khusus saat menghadiri undangan makan malam. Tamu undangan dianjurkan datang 15-30 menit setelah jam yang disepakati. Jika si tamu datang tepat waktu, malah akan dianggap buruk. Orang tersebut akan dianggap serakah dan ingin mendapatkan porsi makan orang lain. Selain itu, orang tersebut akan dianggap meragukan kesiapan tuan rumah.

3. Ekuador

Kebiasaan terlambat di Ekuador bisa dibilang gabungan dari Brazil dan Chili. Di Ekuador, saat diundang makan malam juga dianjurkan untuk datang terlambat 15-30 menit. Hal lainnya di Ekuador juga serba terlambat. Contohnya, seperti jam kerja, pernikahan, jadwal penerbangan, dan masih banyak lagi. Penduduk di Ekuador hidupnya memang tidak terpaku dengan waktu. Mereka malah lebih bahagia hidup dengan cara seperti itu.

Di tiga negara ini memang tidak apa-apa kalau datang terlambat. Tapi, kalau kita, harus tetap datang tepat waktu. Apalagi kalau ke sekolah. Yuk, datang tepat waktu!