Kampung Toleransi, Kampung Penuh Kerukunan di Bandung

By Petronela Putri, Selasa, 13 Juni 2017 | 04:19 WIB
Foto: pojoksatu.id (Petronela Putri)

Berbagai daerah di Indonesia memiliki cara masing-masing untuk berekspresi. Seperti kampung Jodipan di Malang yang mengecat seluruh rumah hingga menjadi seperti pelangi, dan ada pula Kampung Toleransi di Bandung! Wah, seperti apa, ya?

Sejak tahun 2016

Meski perkampungan ini sudah ada sejak lama, tetapi nama Kampung Toleransi baru tercipta pada tahun 2016 yang lalu. Kampung Toleransi berada di Gang Ruhana, Kecamatan Paledang, Bandung. Di sana masyarakatnya hidup berdampingan meski berbeda suku dan kepercayaan.

Indonesia memang terdiri dari banyak suku bangsa, dan masing-masingnya bisa memeluk kepercayaan yang berbeda-beda satu sama lain. Tetapi, hal itulah yang juga menyatukan kita sebagai sebuah bangsa, teman-teman.

Nah, di Kampung Toleansi ini ada bangunan rumah ibadah yang berdampingan di antaranya masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim, gereja sebagai tempat ibadah umat Kristen, serta vihara sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Uniknya kehidupan di Kampung Toleransi

Di Kampung Toleransi, masyarakatnya terbiasa hidup sebagai saudara. Jika Ramadhan tiba, masyarakat non muslim tak ketinggalan ikut membantu membersihkan masjid atau sekadar membagikan takjil. Hihi.

Selain itu, masyarakat Kampung Toleransi juga antusias pada perayaan agama lainnya seperti Natal dan Tahun Baru Imlek. Semuanya bahu-membahu dan saling membantu satu sama lain dan sangat menjunjung keragaman yang ada. Wah, rukun sekali, ya!

Menjadi rumah yang baik bagi turis

Tak hanya bagi sesama masyarakatnya saja, warga Kampung Toleransi ternyata ingin memberikan yang terbaik juga bagi wisatawan mancanegara, lo! Mereka bahkan ingin belajar Bahasa Inggris, Arab, dan sebagainya, agar bisa berbincang dengan para wisatawan.

Harapannya, Kampung Toleransi dapat menjadi contoh baik dari kerukunan umat beragama di Indonesia, serta bisa pula dicontoh oleh daerah-daerah lainnya.