Masjid Kuno Bayan Beleq, Masjid Tertua di Lombok

By Petronela Putri, Rabu, 28 Juni 2017 | 03:15 WIB
Foto: wisatadilombok.com (Petronela Putri)

Selain terkenal dengan wisata pantai dan pemandangan alamnya, ternyata di Lombok juga ada masjid tua yang unik dan menjadi tujuan wisata religi, lo, teman-teman. Namanya Masjid Kuno Bayan Beleq.

Asal-usul Masjid Kuno Bayan Beleq

Secara singkat, Masjid Kuno Bayan Beleq konon dibangun oleh seorang ulama yang menjadi cikal-bakal penyebaran agama Islam di tanah Lombok. Sebagai salah satu masjid tertua di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Masjid Kuno Bayan Beleq ternyata sudah ada sejak abad ke-15 dan hingga kini menjadi bangunan cagar budaya. Tepatnya, masjid ini berada di Desa Bayan, Lombok Utara.

Masjid Kuno Bayan Beleq yang ada sekarang juga masih dipertahankan keasliannya dan masih sama seperti pertama kali didirikan, lo!

Puncak masjidnya hanya berupa tiang, dindingnya berbahan bambu, berlantai tanah, dan atapnya jerami. Sangat jauh berbeda dengan masjid-masjid modern yang sudah menambahkan banyak ornamen di dinding atau pun bagian puncak. Bahkan, seluruh masjid modern pada umumnya menggunakan simbol bulan dan bintang, sedangkan Masjid Kuno Bayan Beleq tidak.

Tidak boleh sembarang dimasuki orang

Selain itu, Masjid Kuno Bayan Beleq memiliki akses yang terbatas karena tidak boleh sembarangan dimasuki orang. Untuk mencegah orang luar masuk, pintu masjid jarang dibuka. Sebab, hanya para pemuka agama setempat yang diperkenankan untuk masuk. Terkadang mereka ditemani oleh perwakilan daerah. Tetapi, warga biasa tidak diperbolehkan.

Hal ini dilakukan karena Masjid Kuno Bayan Beleq termasuk kecil dan hanya sanggup menampung 40 orang jamaah. Maka, selain pemuka agama, masyarakat sekitar hanya diwakili para kepala daerahnya saja, teman-teman.

Nah, Masjid Kuno Bayan Beleq juga bisa menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi jika teman-teman sedang berada di Lombok.