Tips Memilih Botol Minum yang Baik Untuk Kesehatan

By Aisha Safira, Selasa, 3 Oktober 2017 | 02:46 WIB
Seperti apa sih botol minum yang baik untuk kesehatan? (Aisha Safira)

Pemakaian botol minum yang salah bisa memengaruhi kesehatan kita, lo. Tidak semua botol minum sehat untuk digunakan. Ini dia beberapa tips dalam memilih botol minum yang baik.

Jika kita terbiasa menggunakan botol air kemasan berkali-kali, sebaiknya dihentikan. Sebabnya, kebiasaan tersebut dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan kita. Sebaiknya, kita menggunakan botol minum sendiri. Namun, tidak semua botol minum aman untuk kita gunakan. Bagaimana, sih, cara memilih botol minum yang baik?

1. Perhatikan bahan botol

Botol minum terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang terbuat dari polyester, polikarbonat, polietilena, polipropilena, kaca, aluminium dan stainless steel. Dari semua bahan tersebut, yang paling baik digunakan adalah botol aluminium dan stainless steel. Mengapa? Karena kedua bahan ini kuat jugatahan terhadap suhu dingin maupun panas.

Botol yang terbuat dari kaca cenderung berat dan mudah pecah. Sedangkan botol yang terbuat dari bahan berawalan ‘poli’ lama kelamaan akan melepaskan zat yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, kita harus mengetahui masa pakai botol minum kita. Botol berbahan aluminium dan stainless steel juga bisa berkarat, lo.

2. Perhatikan juga tanda di bawah botol

Di bawah setiap botol minum ada simbol yang melambangkan keamanannya. Simbol tersebut berbentuk segitiga dengan angka di dalamnya. Setiap angka mempunyai arti yang berbeda. Angka 1 berarti hanya boleh digunakan sekali. Angka 2 dan 4 berarti masih aman digunakan sampai tiga kali. Kalu angka 3, 6, dan 7 berarti tidak aman digunakan karena bisa mencemari air. Sedangkan angka 5 adalah yang paling aman digunakan.

3. Bebas BPA

Apa itu BPA? BPA adalah bahan kimia Bisphenol A. BPA biasanya digunakan dalam kemasan makanan dan minuman. Dampak negatif BPA masih diteliti. Namun, BPA dikatakan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kanker, masalah pada otak dan sistem saraf, dan lain-lain. Jadi pastikan botol minum yang kamu gunakan bebas BPA, ya!