Kenapa Adik Bayi Suka Mengisap Jarinya?

By Yomi Hanna, Kamis, 9 November 2017 | 11:38 WIB
Kebiasaan adik bayi mengisap jarinya (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah melihat adik bayi yang suka mengisap jarinya? Kegiatan ini ternyata merupakan kesenangan bagi mereka. Bahkan keinginan untuk mengisap jari sudah ada sejak adik bayi di dalam kandungan, lo. Kenapa, ya?

Naluri Adik Bayi Mengisap Jarinya

Mulut bagi adik bayi merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Fungsinya tidak hanya untuk makan, tapi juga untuk melakukan kegiatan lain seperti mengisap jari. Adik bayi yang mengisap jarinya akan merasa nyaman, tenang, dan aman.

Saat adik bayi masih belum bisa meraih benda-benda di sekitarnya, hanya jari tanganlah yang bisa mereka gapai. Lalu naluri adik bayi memasukkan jarinya begitu saja ke dalam mulut. Saat itu mereka lakukan, adik bayi merasa bahwa mengisap bayi adalah kegiatan yang menyenangkan. Lalu mereka pun melakukannya terus-menerus.

Baca juga : Mengapa Kita Tidak Bisa Ingat Kejadian Saat Bayi?

Berdampak Terhadap Pertumbuhan Gigi dan Gusi

Bahkan saat merasa tidak nyaman, lelah, mengantuk, atau merasa tidak aman, kebiasaan mengisap jari menjadi salah satunya untuk mendapatkan kenyamanan. Padahal, mengisap jari terlalu sering bisa berdampak pada pertumbuhan gigi dan gusi. Ini karena permukaan jari cukup keras.

Oleh sebab itu, jika tidak dihentikan hingga kita tumbuh semakin besar, kebiasaan ini akan semakin susah dihilangkan, lo.

Nah, apakah ada teman-teman yang masih hobi mengisap jari sampai sekarang? Mungkin bisa perlahan-lahan untuk mengurangi kebiasaan ini, ya! Hi..hi..